TPID Sidak Pasar Tradisional

Sekprov Kaltim H Rusmadi sidak pasar memastikan stabilitas harga Sembako terjamin. (seno/humasprov kaltim).

 

SAMARINDA - Dalam upaya memberikan jaminan stabilitas harga sembilan bahan pokok dan komoditas pangan lainnya di daerah, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kaltim dipimpin Sekretaris Provinsi (Sekprov) Dr H Rusmadi melakukan peninjauan ke beberapa pasar tradisional di Samarinda. Peninjauan dilakukan di Pasar Segiri, Pasar Sungai Dama dan Pasar Pagi yang merupakan pasar induk di ibukota provinsi Kaltim. Usai blusukan ke pasar-pasar, Rusmadi mengakui umumnya harga sembako dan komoditas pangan masih stabil.

 

"Kita sudah melihat tadi kan. Harga-harga masih stabil. Tidak ada lonjakan baik cabai, bawang maupun beras dan gula serta komoditas yang lain seperti daging dan ayam," kata Rusmadi di Pasar Pagi Samarinda, Jumat (9/6). Walaupun ada kenaikan harga lanjut Rusmadi, namun masih dalam batas kewajaran karena dihitung biaya ungkut atau transportasi. Khususnya  komoditas pangan yang harus didatangkan dari luar Kaltim seperti Pulau Jawa dan Sulawesi maupun daerah lainnya.

 

Menurut Rusmadi, stabilitas harga yang tetap  terjaga walaupun sudah memasuki pertengahan Ramadhan bisa dilakukan berkat intensifnya TPID dan instansi terkait di daerah melakukan pengawasan di lapangan. "Pengawasan secara rutin kami lakukan, baik distribusi maupun kagiatan perdagangannya. Kita juga fokus menjaga ketersediaan dan pasokan terlebih menjelang maupun memasuki hari besar keagamaan seperti Ramadhan dan Idul Fitri, sehingga otomatis harga stabil," ungkapnya.

 

Rusmadi memastikan monitoring terus dilakukan guna menghilangkan kekhawatiran dan keresahan masyarakat terkait kenaikan harga sembako dan komoditas pangan menjelang hari raya Idul Fitri. "Kita bersyukur harga  tetap stabil berkat intensifitas monitoring TPID dan Satgas Pangan  (Polda dan Bank Indonesia). Transportasi laut dan lokal untuk distribusi lancar tidak ada masalah, sehingga pasokan tetap terjaga," tegas Rusmadi.

 

Untuk harga komoditas diantaranya beras Rp13 ribu per kilogram, gula Rp12 ribu per kg serta minyak goreng Rp12.500 per liter, cabai kisaran Rp35 ribu - Rp40 ribu per kg, daging Rp120 ribu per kg dan ayam pedaging Rp35ribu-Rp40ribu per ekor.

 

Ikut mendampingi Sekprov Rusmadi dalam blusukan ke pasar-pasar, Kepala BPS Kaltim, Kepala Bulog, Pimpinan BI Kaltimra, Kabinda serta pimpinan instansi terkait. (yans/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation