Kalimantan Timur
Tren Meningkat, Utamakan Pencegahan

Foto : Humasprov Kaltim

SAMARINDA - Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Timur Andi M Ishak mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tetap melaksanakan anjuran pemerintah dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19 di Kaltim. 

"Memang terus ada tren peningkatan, untuk itu harus ada pencegahan dari kita, khususnya masyarakat agar tidak tertular, dengan tetap melaksanakan anjuran dari pemerintah," ucap Andi. 

Di Kaltim, ujar Andi, penyebaran Covid-19 dengan kasus terkonfirmasi positif sudah terjadi di 9 kabupaten/kota. Hanya Kabupaten Mahakam Ulu yang belum ada laporan terkonfirmasi, dan semoga saja ini bisa dipertahankan. 

"Intinya kita tetap mengutamakan  pencegahan karena hingga saat ini belum ada obat untuk Covid-19 ini. Upaya pencegahan ini dalam rangka memutus mata rantai penyebaran," ujarnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan ini tidak henti-hentinya  mengajak masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah, dengan senantiasa melakukan social distancing dengan tetap berada di rumah (belajar, bekerja dan beribadah). Lalu, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Ketika beraktifitas di luar tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. Menjaga imunitas tubuh, tetap berolahraga dan jangan sampai stress yang bisa menurunkan daya tahan tubuh. 

"Terima kasih kepada media yang secara rutin mengikuti konferenai pers ini dan menyebarkan informasi yang bermanfaat agar masyarakat dapat mewaspadai penyebaran Covid-19 di Kaltim," pesan Andi. 

Diketahui, kondisi terkini perkembangan Covid-19 di Benua Etam per hari ini, Selasa 21 April 2020, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 6.173 orang, dengan rincian selesai pemantauan 5.153 orang dan dalam proses pemantauan 1.020 orang. Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jumlahnya 388 orang, dengan rincian terkonfirmasi negatif 181 orang, terkonfirmasi positif 68 orang dan menunggu hasil laboratorium 138 orang. Pasien sembuh 11 orang dan meninggal dunia 1 orang. (her/ri/humasprovkaltim).

Berita Terkait