Tri : Kerjasama Kaltim Tetap Berjalan

Hubungan Indonesia - Australia kian memanas  


SAMARINDA-Meski hubungan antara Indonesia dan Australia makin  memanas beberapa hari terakhir ini,  kerja sama antara Pemprov Kaltim dan Universitas Adelaide Australia hingga saat ini masih tetap berjalan. Selain kerjasama bidang pendidikan, kerjasama lain diantaranya bidang peternakan dan kesehatan juga tetap berjalan seperti biasa.
Meski demikian, Pemprov Kaltim tetap menunggu kebijakan yang akan diambil pemerintah pusat, sembari terus  melakukan evaluasi terhadap kerjasama yang telah dilakukan selama ini.  
Salah satu kerjasama yang sudah terbangun sangat baik antara Pemprov Kaltim dengan Pemerintah Australia, yakni kerjasama dengan Universitas Adelaide Australia dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan.
Kerjsama itu diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorantum of Understanding (MoU) oleh Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dengan Prof John Taplin mewakili Universitas Adelaide pada 2011.
Selain itu, kerjasama juga dilakukan Pemerintahan Northern Territory (NT) Australia dengan Pemprov Kaltim untuk kegiatan peternakan.  
“Yang jelas kerjasama ini tetap berjalan. Pelajar dan mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan di Australia juga tetap melaksanakan studi seperti biasa. Jadi, sementara ini tidak ada penarikan mahasiswa atau pelajar yang masih melaksanakan studi di sana," kata Kepala Biro Kerjasama dan Penataan Wilayah Setprov Kaltim Tri Murti Rahayu, Kamis (21/11).
Hingga saat ini, Pemerintah Indonesia belum mengambil keputusan tentang beberapa kerjasama yang telah berjalan, termasuk yang dilaksanakan Pemprov Kaltim.   Pemprov Kaltim sendiri masih akan terus melakukan evaluasi secara lebih komprehensif. (jay/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation