Tugas Disprindakgkop Sangat Komplek dan Strategis

Wagub Buka Rakor Indagkop di Berau

BERAU - Tugas instansi teknis bidang perindustrian, perdagangan dan koperasi serta pembinaan usaha mikro kecil menengah harus diakui sangat kompleks dan berat. Dimana tiga sub bidang yang dikelola berdimensi sangat luas dan berkaitan langsung dengan kegiatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Demikian disampaikan Wagub Mukmin Faisyal saat membuka Rapat Koordinasi Penyusunan Program Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM se-Kaltim, di Balai Mufakat, Kediaman Dinas Bupati Berau, Rabu (19/3).

"Tugas instansi yang membidangi hal ini memang sangat kompleks dan strategis. ketidakstabilan bidang  industri, perdagangan dan koperasi  akan berpengaruh langsung secara signifikan terhadap faktor-faktor  penentu pertumbuhan ekonomi nasional maupun daerah. Ini akan sangat mengganggu kelancaran kegiataan sektor ekonomi riil," kata Mukmin Faisyal. 

Ketidakstabilan bidang bidang industri, perdagangan dan koperasi pada gilirannnya dapat menurunkan kinerja perekonomian nasional dan daerah,  hingga akhirnya akan menghambat upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Karena itu, Wagub minta semua pejabat dan instansi yang mengelola dan bertanggung jawab di bidang industri, perdagangan dan koperasi meningkatkan profesionalisme. Bukan hanya dalam kaitan pengembangan teknologi dan daya saing yang memberikan nilai tambah tinggi, tapi juga untuk hal-hal terkait lainnya.

Mukmin meminta agar peserta rapat koordinasi agar  selalu mengacu kepada dokumen perencanaan yang telah ditetapkan dan disepakati, yakni RPJMD , Renstra dan  memperhatikan batasan kewenangan baik antara pemerintah dan provinsi maupun  kabupaten/kota dalam setiap usulan program. Hal ini penting agar tidak terjadi tumpang tindih kegiatan. 

“Hal ini  penting saya kemukakan, mengingat masih banyaknya program pembangunan yang harus kita tuntaskan selama  lima tahun ke depan terkait ekonomi kerakyatan, infrastruktur, pelayanan publik dan lingkungan hidup,” pesan Mukmin.

Pada kesempatan itu Mukmin juga  menyampaikan beberapa hal penting yang perlu mendapat perhatian terkait pengembangan sektor industri, perdagangan dan koperasi serta UMKM. Diantaranya, mengupayakan  pertumbuhan  wirausaha baru sesuai dengan program 100 hari kerja gubernur dan wakil gubernur untuk memperkuat semangat dan peningkatan kewirausahaan bagi pelaku usaha muda dan angkatan kerja dapat tumbuh menjadi pelaku usaha yang kompetitif di era globalisasi dalam suatu kelembagaan usaha koperasi.

Merespon pemberlakuan kebijakan bersama Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, menurut dia merupakan  suatu tuntutan transformasi struktur ekonomi di era persaingan global yang harus disikapi dengan sikap  profesional dengan perencanaan penyusunan program dan kegiatan yang berkualitas dan akuntabel.

“Kiranya perlu didiskusikan berbagai wacana yang dapat mempengaruhi secara positif pertumbuhan ekonomi daerah. Misalnya pengembangaan perkebunan dan perdagangan lintas batas dengan negara tetangga,” pinta Mukmin.

Sementara itu Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim HM Jailani menjelaskan, Rakor tahun ini mengangkat tema "Sinergitas Program dan Kegiatan Sektor Indagkop dan UMKM Dalam Rangka Pemanfaatan Hasil Pertanian, Perikanan dan Kelautan dalam Mewujudkan Kaltim Maju 2018". 

Rakor dilakukan tiga hari, sedangkan orientasi lapangan dilakukan ke lokasi budidaya pertanian, perkebunan, perikanan di Kabupaten Berau dan Kutai Timur, termasuk meninjau kesiapan lokasi pembangunan tanki timbun di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI)  Maloy di Kabupaten Kutai Timur.

Wagub Mukmin Faisyal didampingi Bupati Berau H Makmur HAPK dan Kadisperindagkop dan UMKM Kaltim HM Jailani juga menyempatkan waktu untuk menyaksikan produk-produk UMKM di Berau. Wagub nampak sangat tertarik melihat batik khas Berau juga makanan ringan jenis krupuk ikan.

“Krupuk ini rasanya enak mak nyus. Ternyata produk lokal juga tidak kalah enaknya,” ujar Wagub Mukmin Faisyal sambil mengacungkan jempol. (sar/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal bersama Bupati Berau H Makmur HAPK dan Kadisperindagkop dan UMKM Kaltim HM Jailani meninjau arena pameran produk-produk UMKM yang digelar pada  Rapat Koordinasi Penyusunan Program Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM se-Kaltim.(sarjono/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation