Kalimantan Timur
Tujuan Wisata Itu, Pertama Harus Bersih

Gubernur Kaltim H Isran Noor

SAMARINDA - Mengembangkan obyek kepariwisataan di desa atau kampung untuk menjadi tujuan wisatawan lokal maupun domestik, kuncinya  bersih dan kerja keras.

 

 

 

Soal kebersihan lingkungan sekitar ini perlu diingatkan, karena kebersihan lingkungan itu harus sangat penting.

 

 

"Jika masyarakatnya sudah sadar, maka pemerintah dengan mudah membantu apa yang menjadi kekurangan. Mulailah dari kebersihan lingkungan daerah sendiri, khususnya di lokasi obyek wisata yang diandalkan masyarakat setempat," kata Isran Noor, baru-baru ini.

 

 

Menurut Isran, apabila lingkungan masyarakat setempat sudah baik atau bersih, maka secara otomatis pengunjung atau pendatang pasti datang tanpa harus promosi berlebihan. Bahkan, media pun akan  menyiarkan kabar baik itu. 

 

 

Artinya, jangan sampai ingin membangun kepariwisataan yang indah, ternyata kondisi jalan saja tidak bersih, tentu akan mengurangi keindahan obyek wisata dimaksud.

 

"Misal, mau masuk pusat kota, ternyata jalannya berdebu. Kalau hujan jalan berlumpur. Jadi, tak perlu jalan itu aspal. Yang penting bersih saja. Tentu pendatang atau pengunjung pasti datang ke daerah tersebut. Bahkan, akan mengenang potensi wisata yang dilihat di daerah itu," pesan Isran. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait