Kalimantan Timur
Tujuh Calon Dari Kaltim Diusulkan Raih Kalpataru

Foto : Ist

SAMARINDA - Tercatat ada tujuh calon asal Benua Etam, Kalimantan Timur yang diusulkan untuk meraih penghargaan Kalpataru 2020. Pemberian penghargaan untuk penggiat lingkungan itu segera digelar pada saat Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Jakarta.

 

"Tahun ini, Provinsi Kaltim siap mengusulkan calon penerima penghargaan tersebut," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim Encek Ahmad Rafiddin Rizal di Samarinda, Selasa (17/3/2020).

 

Ada tujuh nama dari lima daerah yang sudah mengusulkan nama-nama calon penerima Kalpataru. Yaitu Darta dari Kutai Kartanegara kategori pengabdi lingkungan dan Kelompok Sadar Wisata Sungai Hitam Lestari (Wisata Bekantan) kategori penyelamat lingkungan.

 

Selanjutnya, Jidan asal Desa Swan Slutung Kecamatan Muara Komam Paser (perintis lingkungan), Kelompok Usaha Wanita (KUW) Bina Bersama Penajam Paser Utara (penyelamat lingkungan), Suwaji (penyelamat lingkungan) dan Muhammad Ali asal Bontang (perintis lingkungan), serta Misman asal Kota Samarinda sebagai perintis lingkungan di Sungai Karang Mumus.

 

"Alhamdulillah, semua usulan sudah diserahkan kepada Tim Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," jelasnya.

 

Rizal mengatakan terakhir kali Kaltim menerima penghargaan Kalpataru tingkat nasional pada tahun 2017 yang diterima Agus Bei asal Balikpapan.

 

Rizal sangat berharap tahun ini Kaltim bisa memperoleh penghargaan nasional di bidang lingkungan ini. Karena, Benua Etam dinilai banyak memiliki penggiat atau pejuang lingkungan yang pantas menerima penghargaan tersebut. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

 

Berita Terkait