Tujuh Kabupaten Ikuti Apkasi Otonomi Expo 2019, Ajang Promosi Potensi Daerah

Plt Sekprov Kaltim Hj Meiliana saat memimpin Rakor dan Fasilitasi dalam rangka mengikuti Apkasi Otonomi Expo 2019 (heru/humasprovkaltim)

SAMARINDA –Tujuh kabupaten di Benua Etam dipastikan mengikuti kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2019 di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan Jakarta pada 3-5 Juli 2019. Yakni, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Berau, Paser, Penajam Paser Utara dan Mahakam Ulu.

Hal ini diungkapkan Plt Sekprov Kaltim Hj Meiliana saat memimpin Rakor dan Fasilitasi dalam rangka mengikuti Apkasi Otonomi Expo 2019 di Ruang Rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda (14/05/2019).

"Sesuai arahan Pak Gubernur (Gubernur Isran Noor), kabupaten di Kaltim diharapkan berpartisipasi dalam Apkasi Otonomi Expo 2019 yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya sejak 2001. Alhamdulillah semua kabupaten menyatakan kesiapannya, kita dari provinsi siap memfasilitasi," kata Meiliana.

Apkasi Otonomi Expo 2019 yang telah digelar sebanyak 15 kali oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ini mengangkat tema "Trade, Tourism and Investment". Untuk itu, Meiliana mengajak tujuh daerah itu bisa mempromosikan seluruh potensi yang dimiliki agar terjadi transaksi jual beli maupun investasi.

“Seperti Berau harus gencar mempromosikan sektor pariwisatanya, karena memiliki Pulau Derawan dan Maratua. Apalagi Pemprov bersama Pemkab Berau sudah bekerjasama dengan Negara Syechelles untuk pengembangan pariwisata di Pulau Maratua. Jadi momen expo ini kesempatan yang tepat untuk promosi,” jelas Meiliana.

Apkasi Otonomi Expo ini merupakan salah satu even perdagangan dan investasi terbesar di tanah air. Ajang ini menjadi sarana strategis bagi daerah peserta ekpo untuk mendapatkan akses perdagangan dan investasi yang lebih luas.

Pada dua gelaran Apkasi Otonomi Expo 2017 dan 2018, tercatat kurang lebih Rp4 triliun transaksi yang dihasilkan dan belum termasuk transaksi-transaksi lanjutan yang dilakukan setelah penyelenggaraan expo.

Adapun sektor yang akan ditampilkan dalam expo antara lain pertanian, perkebunan, kehutanan, pariwisata, teknologi informasi, kawasan industri, UMKM dan pertambangan.

Rakor dan fasilitasi diikuti perwakilan tujuh kabupaten se-Kaltim, OPD lingkup Pemprov Kaltim, yakni Dinas Pariwisata, DPMPTSP, Disperindagkop dan UMKM dan Biro Perekonomian Setprov Kaltim. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation