Tumbuhkan Semangat Kebangkitan Nasional

Memperingati Harkitnas, Diskominfo Gelar Lomba


SAMARINDA – Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-105 pada 20 Mei 2013, Pemprov Kaltim melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan berbagai macam lomba untuk pelajar dan mahasiswa. Ada lima jenis lomba, yaitu lomba pidato, baca puisi,  mengarang, membuat  blog dan desain.
Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani, mengatakan kegiatan lomba yang diikuti sekitar 100 peserta ini dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan semangat Kebangkitan Nasional untuk mewujudkan kehidupan berdemokrasi berdasarkan Pancasila, Undang-undang 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI menuju masyarakat Indonesia yang maju dan modern.
“Melalui kegiatan ini, kita berusaha untuk membangitkan semangat  generasi muda untuk berpartisipasi dalam pembangunan, karena selama ini banyak  generasi muda kita kurang percaya diri. Dalam lomba ini generasi muda dituntut untuk berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan suatu karya yang berguna bagi nusa dan bangsa,” ujar Sani, Senin (13/5).
Menurut dia, generasi muda Kaltim harus mempersiapkan diri untuk bersaing di pasar global, khususnya dalam menghadapi ASEAN Economic Community pada 2015. Untuk itu, lanjut dia, generasi muda diajak untuk meneladani nilai-nilai dasar perjuangan pemuda Indonesia yang terorganisasi dalam wadah Budi Utomo.
“Khususnya  bagi pelajar dan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa mulai sekarang agar mempersiapkan diri dengan belajar yang baik, sehingga begitu lulus dan menjadi sarjana  sudah siap bekerja dan bersaing dengan tenaga kerja dari negara-negara ASEAN,” jelasnya.
Sani menambahkan semangat Kebangkitan Nasional juga harus digemakan gunakan mewujudkan kehidupan berdemokrasi yang sehat, cerdas dan bermartabat serta berbudaya menuju suksesnya Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2013 yang akan berlangsung pada 10 September, dengan menggutamakan terciptanya Kaltim yang aman dan kondusif dalam bingkai NKRI.
“Kehidupan berdemokrasi di Kaltim yang diciptakan tentunya menjadi perhatian kita semua. Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2013, merupakan tolok ukur keberhasilan dan kualitas kehidupan berdemokrasi di Kaltim. Bagi generasi muda, mari kita sukseskan pesta demokrasi rakyat Kaltim untuk mencari pemimpin Kaltim lima tahun mendatang,” tambahnya.
Selain itu, Sani berharap, kegiatan lomba seperti ini yang sering dilaksanakan oleh pemerintah maupun pihak manapun, juga mendapatkan dukungan penuh dari orang tua pelajar dan mahasiswa. Karena dari kegiatan ini, lanjut dia, membantu dalam segi pendidikan dan menjauhkan pelajar dan mahasiswa dari perbuatan negatif, seperti narkoba dan lainnya.
Kegiatan lomba ini merupakan rangkaian dari peringatan Harkitnas ke-105 tingkat provinsi Kaltim, dimana puncaknya akan dilaksanakan Upacara Peringatan Harkitnas di Halaman Kantor Gubernur pada 20 Mei 2013, sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang lomba untuk lima jenis lomba yang dilaksanakan. (her/hmsprov).

////Foto : Salah satu peserta lomba puisi sedang menapilkan kebolehannya.(Rizky)


 

Berita Terkait