Tutup Peda KTNA 2019, Wagub Hadi : Petani dan Nelayan Harus Mandiri Sejahtera

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menutup Pekan Daerah X KTNA Kaltim 2019 di Pendopo Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Berau (yayan/humasprovkaltim)

LABANAN - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menutup Pekan Daerah X KTNA Kaltim 2019 di Pendopo Kampung Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Berau, Kamis (25/7/2019). Pada kesempatan itu, Wagub Hadi menegaskan Peda yang dilaksanakan rutin tiga tahun sekali jangan menjadi kegiatan seremonial belaka.

Selayaknya, momen untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas serta kemampuan petani dan nelayan agar berimbas pada kemajuan pertanian Kaltim. Ajang Peda harus dimanfaatkan semaksimalnya untuk saling bertukar informasi bahkan alih teknologi pertanian. Lahan Kaltim yang luas ini harus bisa dikelola para petani dan nelayan untuk kemandirian dan kesejahteraan. "Petani dan nelayan kita harus mandiri dan sejahtera. Mereka wajib diberi kesempatan yang luas untuk membangun pertanian Kaltim agar lebih maju," kata Hadi Mulyadi.

Untuk mewujudkan itu semua ungkap Hadi, maka wajib dukung mereka. Pemerintah pusat, provinsi serta kabupaten dan kota harus memiliki komitmen yang sama untuk meningkatkan kualitas petani dan nelayan Kaltim.

Kerjasama dan dukungan lintas sektor harus diimplementasikan. Potensi kewilayahan dan lahan didukung sumber daya manusia (SDM) petani dan nelayan yang unggul pasti mampu mempercepat kemajuan dan pengembangan pertanian Benua Etam. "Kalau ingin pertanian Kaltim maju. Maka, sumber daya lahan dikelola dengan baik dan sumber daya manusianya harus ditingkatkan kualitasnya," ujar Hadi.

Penutupan ditandai pemukulan gong dan penyerahan piala bergilir juara umum Peda KTNA Kaltim serta penyerahan pataka KTNA kepada tuan rumah Peda XI KTNA 2022. Dilanjutkan peninjauan lokasi gelar teknologi dan demplot di kawasan P4S Manunggal Karsa Kampung Labanan Jaya.

Hadir Wakil Bupati H Agus Tantomo dan istri Fika Yuliana Tantomo dan Ketua Kelompok KTNA Kaltim Wisdianto serta jajaran FKPD dan Pemkab Berau, pimpinan perangkat daerah Pemprov Kaltim, pimpinan lembaga perbankan dan perusahaan, BUMN/BUMD serta pejabat instansi vertikal/kementerian/lembaga.

Tampak Ketua Panitia Peda X KTNA Kaltim 2019 H Ibrahim, Sekretaris Kelompok KTNA Kaltim Uri Dharma Putra dan pimpinan Kelompok KTNA kabupaten dan kota se-Kaltim. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation