Ujian Kompetensi Kejuruan SMK Negeri 3 Sajikan Tiga Paket Roti Berkualitas

SAMARINDA - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Samarinda gelar Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) jurusan Patiseri dengan menyajikan penampilan display atau pameran tiga paket roti yang berkualitas diolah oleh tangan-tangan kreatif peserta didik kelas tiga. Plt Kepala Dinas Pendidikan HM Sa'bani diwakili Kepala Bidang Pembinaan SMK Deslan Nispayani mengapresiasi atas pelaksanaan UKK tersebut. Ujian sebagai bentuk mengetahui kemampuan, keahlian dan kreatifitas siswa.

"Kita harapkan UKK jadi motivasi tersendiri bagi siswa maupun siswi agar lebih kreatif," kata M'Sabani diwakili Deslan Nispayani di Kantor Disdik Kaltim, Senin (15/4/2019).

Deslan meyakini pembinaan dan pembelajaran yang telah diterima siswa dapat semakin kreatif dan mandiri serta mampu bersaing di pangsa pasar setelah keluar dari SMK, khususnya jurusan patiseri.

Pemprov berharap lulusan SMK kedepan bisa melanjutkan pendidikan mereka lebih tinggi maupun mengikuti pendidikan pelatihan di bidang masing-masing, sehingga kompetensi mereka semakin baik. "Karena itu, kami berharap mereka bisa diterima di pangsa kerja maupun mandiri. Bahkan membuka usaha sendiri," jelasnya.

Dengan banyaknya jurusan patiseri di daerah, Deslan berharap potensi itu bisa dibuka sebesar-besarnya oleh para pengusaha di daerah, sehingga lulusan jurusan patiseri dapat mengembangkan ilmu yang mereka terima. "Karena, kendala yang terjadi saat ini adalah bagaimana pemasaran hasil karya para siswa," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 3 Samarinda Hj Sitti Aisyah didampingi Ketua Jurusan Boga Harlena mengatakan UKK dilaksanakan setiap tahun ketika ujian nasional telah berakhir. UKK tersebut sifatnya nasional. Artinya, dilaksanakan secara nasional. Karena masuk dalam kurikulum pendidikan nasional.

"Kue yang disajikan paket roti. Mulai Pestry Kontinental, paket Cake dan kue Indonesia atau kuliner nusantara. Kami bersyukur siswa SMK Negeri 3 Samarinda sudah dipesan tenaganya. Mulai hotel-hotel hingga toko bakery," jelasnya. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation