UMKM Harus Manfaatkan Digital Kembangkan Usaha


SAMARINDA - Di era digital sekarang ini, semua pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Kaltim harus peka dan sadar  untuk bisa memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis digital dalam pengembangan usaha.

Demikian diharapkan Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim Dr Hj Meiliana saat membuka Talkshow Ekonomi Kerakyatan  Berbasis Digital, yang dilaksanakan oleh kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kaltim.

Meiliana mengatakan pembangunan dan pengembangan bidang UMKM menjadi salah satu prioritas dalam Visi dan Misi Kaltim 2018-2023 khususnya pada poin kedua yaitu berdaulat dalam pemberdayaan ekonomi wilayah dan ekonomi kerakyatan yang berdaulat.

"Artinya, pengembangan UMKM akan mendapat perhatian yang lebih serius, dan pelaksanaan Talkshow ekonomi kerakyatan  berbasis digital tentu dapat  memberikan masukan-masukan bagi para pelaku UMKM dalam pengembangan usaha yang digeluti," kata Meiliana saat membuka talkshow ekonomi kerakyatan berbasis digital, yang digelar di Atrium Big Mall Samarinda, Sabtu (1/12/2018).

Meiliana juga mengharapkan agar pengembangan UMKM dapat didukung oleh berbagai pihak, termasuk Bank Indonesia maupun perbankan lainnya dalam mendukung bukan hanya permodalan tetapi juga bidang lainnya seperti promosi dan pemasaran. "Dengan kerjasama tersebut dapat membantu para pelaku UMKM dalan peningkatan produk yang dihasilkan, sehinga berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Meiliana juga memberikan apresiasi kepeda perbankan yang ada di Kaltim khususnya yang banyak memiliki program untuk pertumbuhan dan perkembngan UMKM seperti kegiatan mini university dan survey pengembangan UMKM.

Sementara kepala kantor perwakilan BI Kaltim H Muhammad Nur mengatakan, BI melalui program pengendalian inflasi “Sinergi Hulu Hilir Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital” mendukung Program Ekonomi Kerakyatan yang diluncurkan Pemerintah. Program Sinergi Hulu Hilir Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital khususnya kepada UMKM

"Selain itu, kami juga mempunyai program mini university dan survey  pengembangan UMKM, salah satunya fashion ulap doyo, program tersebut sangat  baik untuk melatih para calon wirausahawan dan para wirausahawan pemula  agar kedepan mampu menjelma manjadi  pengusaha-pengusaha yang sukses diberbagai bidang," papar Muhammad Nur.

Hadir dalam pembukaan talkshow ekonomi kerakyatan berbasis digital. Kepala OJK Kaltim, para nara sumber, serta undangan lainnya. (mar/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation