UMKT Luluskan 476 Wisudawan, Lulusan UMKT Harus Mampu Bersaing

Wisuda ke 2 UMKT.(yuvitahumasprov kaltim).

SAMARINDA - Sedikitnya 476 Wisudawan/Wisudawati berhasil lulus di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) pada Wisuda k-2 kategori Ahli Madya, Sarjana dan Profesi. Wisuda dilakukan di Convention Hall Samarinda, Kamis (27/9).

Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana ketika menghadiri wisuda tersebut meminta agar lulusan UMKT mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya untuk meraih kesuksesan  di pasar kerja. "Saya yakin lulusan UMKT bisa bersaing dengan lulusan perguruan tinggi yang lain. Karena, UMKT merupakan amal usaha Muhammadiyah yang selalu mengedepankan kualitas dalam setiap program pendidikan yang dibangun selama ini," kata Meiliana.

Meiliana mengakui, Muhammadiyah sangat berperan penting dalam pembangunan daerah, terutama mencetak generasi muda berkualitas. Melalui amal usaha yang dimiliki, mulai pendidikan usia dini, Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA sederajat hingga perguruan tinggi yang kini sudah masuk wisuda ke-2.

Karena itu, lulusan yang keluar dari UMKT diharapkan bisa berkontribusi terhadap daerah ini. Karena, pemerintah daerah meyakini melalui program studi yang dimiliki UMKT mampu menjawab tantangan global di masa akan datang. "Saat ini pemerintah membuka kesempatan kerja melalui Tes CPNS, bahkan di Kaltim cukup banyak membuka jalur program kesehatan. Diharapkan lulusan UMKT bisa bersaing untuk merebut posisi tersebut. Saya yakin bisa," tegas Meiliana.

Belum lagi di Balikpapan melalui proyek kilang minyak Pertamina juga membuka peluang kesempatan bekerja. Diharapkan itu semua bisa disambut lulusan UMKT untuk bisa bersaing masuk menjadi tenaga kerja di sana.

Ketua PW Muhammadiyah Kaltim KH Siswanto mengatakan lulusan UMKT bisa memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan rakyat. Sebagai insan yang berilmu, diharapkan lulusan perguruan tinggi ini tidak sombong dengan kemampuan dimiliki. "Melalui kemampuan yang dimiliki, diharapkan bisa berkontribusi besar untuk perjuangan gerakan Muhammadiyah, terutama mendukung kesejahteraan rakyat dengan dasar Al Quran dan Al Hadist," harapnya.

Hadir dalam wisuda tersebut, para sesepuh Muhammadiyah antara lain Sofyan Hasdam, H Agus Sukaca dan H Suyatman. Diketahui, UMKT kini berdiri dengan 4 Fakultas dan 16 Prodi. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation