UN Kaltim Dipastikan Hari Ini

Daerah Harus Siap Menggandakan Soal yang Kurang

SAMARINDA - Asisten IV Bidang Administrasi Umum Setprov Kaltim H Sofyan Helmi memastikan, pelaksanaan Ujian Nasuional (UN) di Kaltim digelar pada Jumat hari ini(19/4). Sedangkan untuk mengatasi kekurangan soal ujian dilakukan penggandaan oleh panitia pelaksana di daerah.
"Penggandaan soal UN sesuai intruksi Mendiknas sehingga tidak menyalahi aturan,  kalau menunggu pendistribusian soal dari pusat ujian bisa tertunda  lagi, gubernur  juga sudah melaporkan hal ini ke Mendiknas," kata Sofyan Helmi usai gelar rapat  membahas UN di ruang Tenguyun Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (18/4).
Sofyan Helmi yang didampinggi Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H  Musyahrim  menjelaskan, untuk penggandaan soal skala besar  yakni Samarinda, Balikpapan akan ditangani pihak provinsi, sedangkan skala kecil atau kekurangan soal hanya sedikit  bisa dilakukan oleh panitia penyelenggara di sekolah.
"Waktunya memang sangat mendesak  untuk  mata pelajaran Matematika penggandaan langsung dilaksanakan semaksimal mungkin pada (Kamis (18/4), kemudian  langsung  dicetak  dan segera didistribusikan  ke sekolah-sekolah dengan penjagaan Standar Operasional Prosedur(SOP)," jelasnya.
Selain itu,  Tim Panitia UN Kaltim juga  membuat surat pemberitahuan terkait dilaksanakan ujian pada Jumat ini  yang ditandatangani gubernur dikirimkan kepada Mendiknas .    
"Tim terus bekerja melakukan monitoring dan menjamin tidak ada kebocoran karena ada pengawasan yang sangat ketat karena tim melibatkan semua pihak yakni Kepolisiann juga Kejaksaan.dengan Standar  Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.
"Tentunya hikmah dari keterlambatan ini adalah  persiapan siswa bisa lebih panjang," ujarnya.
Menurut dia, info ini sudah disebar kepada tim UN di kabupaten dan kota mengenai kondisi ini serta langkah kebijakan yang diambil dengan harapan UN dapat berlangsung aman dan lancar..    
Mengenai jadwal UN Senin (22/4) dan Selasa (23/4) tidak berubah, sedangkan jadwal Rabu (24/4)  diliburkan diganti dengan Kamis (25/4) sehingga ada jeda satu hari.(sar/hmsprov).

Foto: Musyahrim
 

Berita Terkait
Government Public Relation