Kalimantan Timur
Unjuk Tangkas, Uji Kemampuan dan Keterampilan Petani


LABANAN - Pekan Daerah X Kontak Tani Nelayan Andalan Kaltim 2019 menggelar unjuk tangkas untuk uji kemampuan dan keterampilan para petani dan nelayan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman sekolah Madrasah Ibtidaiah Labanan Makmur, Senin (22/7/2019) melombakan tujuh mata lomba dan diikuti perwakilan KTNA sepuluh kabupaten dan kota peserta Peda se-Kaltim.

Yakni Okulasi bibit jeruk dengan juara pertama Paser disusul Kutai Timur dan Balikpapan. Merangkai sayuran dengan juara terdiri Berau juara pertama disusul Balikpapan dan Paser. Mengupas membelah dan mencungkil kelapa dimenangi Berau, Penajam Paser Utara dan Balikpapan.

Sedangkan Bongkar pasang traktor dijuarai Berau, Kutai Timur dan Balikpapan. Lomba Mengemas benih ikan patin diraih Balikpapan disusul Mahakam Ulu dan Paser. Sexing DOD dijuarai Bontang, Mahakam Ulu Berau. Sementara lomba Memipil jagung dimenangkan Penajam Paser Utara disusul Bontang dan Berau.

Menurut Koordinator Unjuk Tangkas Kosasi, unjuk tangkas merpakan lomba keterampilan di bidang agribisnis yang harua diselesaikan secara beruntundan tuntas dalam satu paket. "Unjuk tangkas yang kita lomba, juga dilombakan pada Penas di Sumatera Barat mendatang. Para juara akan kita training centre untuk selanjutnya mewakili Kaltim diajang nasional," ujar Kosasi.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait