Unmul Raih Akreditasi A dari BAN-PT, Gubernur: Ini Menunjukkan Unmul Tambah Maju

Rektor Unmul Prof Dr H Masjaya menyerahkan sertifikat predikat Akreditasi A untuk Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kepada Gubernur Awang Faroek. Sukses ini juga berkat dukungan kuat Pemprov Kaltim. (fajar/humasprov kaltim)

 

Unmul Raih Akreditasi  A dari BAN-PT, Gubernur: Ini Menunjukkan Unmul Tambah Maju

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak memberikan apresiasi kepada Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda yang meraih akreditasi dengan peringkat A  dari Badan  Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT). "Ini menunjukkan Unmul Samarinda bertambah maju dan jangan berhenti. Kalau bisa Unmul  juga bisa setingkat internasional. Saya yakin itu bisa dicapai," kata Awang Faroek Ishak saat menerima Rektor dan para Dekan Unmul Samarinda di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (4/7).

 

Gubernur juga menyarankan agar Unmul melakukan berbagai kegiatan berdasarkan disiplin ilmu dari fakultas masing-masing. Unmul juga diharapkan dapat berkontribusi dalam pemikiran dalam berbagai pembangunan, khususnya terkait pengembangan kawasan industri yang sedang dibangun yakni Kawasan Industri Buluminung di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)  maupun Kawasan Industri Kariangau di Kota Balikpapan maupun kawasan-kawasan industri lainnya di Kaltim.

 

"Bukan itu saja, Unmul juga harus bisa menyiapkan lulusan siap pakai untuk pengelolaan kawasan-kawasan industri di Kaltim. Siapkan dan antisipasi sejak sekarang. Jangan sampai kawasan industri tersebut tenaganya diambil dari luar Kaltim," pesan Awang Faroek. Terkait akreditasi A yang diraih Unmul, Awang Faroek juga minta kepada seluruh perguruaan tinggi di Kaltim agar mencontoh Unmul. Semua universitas harus berlomba untuk menaikkan akreditasi mereka. "Ini penting sebagai bukti komitmen perguruan tinggi ikut memajukan pendidikan dan mempersiapkan lulusan yang andal menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi dan era transparansi saat ini," tambah Awang.

 

Sementara Rektor Unmul Prof Dr  H Masjaya menjelaskan berkat kerjasama dan bantuan Pemprov Kaltim, Unmul sukses menciptakan banyak  kemajuan, khususnya sukses meraih akreditasi A. "Alhamdulillah, dari berbagai upaya yang kita lakukan, ternyata untuk Kalimantan hanya kita yang sukses meraih akreditasi A. Prestasi ini tentu tidak terlepas dari dukungan Pemprov Kaltim, terutama untuk bantuan sarana dan prasarana," kata Masjaya.

 

Selain itu, hadirnya Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) tahun lalu menerima aset dari Pemprov Kaltim yaitu aset lahan di Gunung Kelua, Flores maupun  Banggeris menjadi titik awal  dari komitmen pemerintah membesarkan dan memajukan Unmul. "Dari 1.900 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia baru 52 yang terakreditasi A termasuk Unmul Samarinda dan ini pertama di Kalimantan dan dan kedua di Indonesia Timur," kata Masjaya. (mar/sul/es/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation