Kalimantan Timur
Untuk Tjujup Suparna

Foto : S. Syaiful Al - Qadrie

BALIKPAPAN - Mimik kesedihan tak bisa disembunyikan dari Walikota Balikpapan Rizal Effendi disela-sela sambutan pada Hari Jadi Kota Balikpapan ke 123 yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Senin (10/2).Tepatnya saat mengucapkan terimakasih kepada Walikota pendahulu yang merupakan  pemimpin-pemimpin Kota Balikpapan.

.

"Pak Tjujup Suparna meninggal beberapa hari sebelum  hari jadi Kota Balikpapan," ujar Rizal. Ia pun menyebut sederet  prestasi mantan Komandan Kodim 0905 Balikpapan ini. Diantaranya, Tjujup merupakan  pencentus  lahirnya lagu Hymne Kota Balikpapan yang ditulis Sam Bimbo, ia Walikota Balikpapan pertama yang mempersembahkan penghargaan Adipura dan Wahana Tata Nugraha, Tjujup pula yang menciptakan jargon " Balikpapan Kubangun, Kujaga dan Kubela" yang merupakan penyemangat warga Kota Balikpapan.

.

Sebelum kenangan ini disampaikan oleh Rizal, Gubernur Kaltim Isran Noor terlebih dahulu mengajak undangan yang hadir mengheningkan cipta, mengenang  almarhum Tjujup dan memimpin doa bersama.

.

"Secara khusu' penuh keikhlasan mohon menundukkan kepala seraya memohon kepada Allah SWT agar almarhum Tjujup Suparna yang meninggal pada 4 Februari lalu, diberikan rahmat oleh Allah SWT melebihi dari amal  ibadah yang beliau perbuat selama beliau hidup," ujar Isran dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah.

.

Dalam pembacaan sejarah singkat Kota Balikpapan untuk mengingat sejarah pemerintahan Kota Beriman Kolonel Infantri TNI H Tjujup Suparna tercatat sebagai salah seorang Walikota yang memimpin Kota Minyak ini sejak tahun 1991 sampai 2001.(inni/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait