Upacara Hari Pramuka ke-55


 

Awang : Pramuka Wadah Tepat untuk Bangun Karakter Generasi Muda

BALIKPAPAN - Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kaltim, yang juga Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengingatkan generasi muda untuk dapat terus menjaga rasa cinta Tanah Air dan bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia. 

Penegasan ini dirasa sangat penting mengingat beberapa tahun terakhir  semangat dan rasa kebangsaan kalangan generasi muda kian luntur dan tergerus. Hal itu mudah dilihat dari rendahnya solidaritas sosial, menipisnya semangat bela negara serta semakin berkurangnya pemahaman kaum muda terhadap sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa.

“Bersamaan dengan itu, akhlak dan budi pekerti kaum muda pun kian tergerus. Hal ini ditandai dengan kian menipisnya sifat kejujuran, kurangnya sikap santun, kurang menghargai pendapat orang lain, penyelesaian masalah dengan cara kekerasan, ingin menang sendiri serta tidak menerima kekalahan. Kondisi ini tentu sudah sangat mengkhawatirkan," kata Gubernur Awang Faroek Ishak saat memimpin Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Pramuka di Lapangan Merdeka Balikpapan, Rabu (31/8).

Lebih jauh Gubernur menjelaskan, sejarah menunjukkan bahwa keruntuhan suatu bangsa dimulai dengan menurunnya semangat dan rasa kebangsaan serta semakin lunturnya akhlak dan budi pekerti kaum muda.  Sebagai bagian dari komponen bangsa, kaum muda sangat rentan terhadap serbuan perubahan yang sangat berpengaruh terhadap tata nilai dan budaya bangsa.

Oleh sebab itu, kaum muda harus mendapatkan wadah yang tepat untuk membangun karakter yang kokoh dengan tata nilai dan budaya bangsa Indonesia. 

“Untuk mengatasi masalah yang amat merisaukan ini, menjadi sangat penting peranan pendidikan kepramukaan sebagai wadah pembentukan karakter bagi kaum muda. Dalam kaitan ini saya yakin dan percaya bahwa peranan Gerakan Pramuka sangat strategis dan penting. Gerakan Pramuka akan menjamin terbentuknya watak, kepribadian dan akhlak mulia kaum muda,” yakin Awang.

Gubernur juga menjelaskan, saat ini tengah dilakukan revitalisasi Gerakan Pramuka, yang tujuan pokoknya adalah untuk mengaktifkan kembali Gugus Depan sebagai ujung tombak Gerakan Pramuka, untuk eksistensi Gerakan Pramuka dan untuk meningkatkan fungsi Gerakan Pramuka.

“Semoga dengan demikian citra dan kinerja Gerakan Pramuka akan semakin membaik dan minat kaum muda terhadap Gerakan Pramuka juga semakin meningkat,” harap Gubernur.

Secara khusus Gubernur Awang Faroek berpesan agar semua anggota Pramuka di Kaltim, hafal Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, serta mengamalkannya dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Pesan lain disampaikan Gubernur Awang Faroek agar anggota Gerakan Pramuka di Kaltim senantiasa mengikuti kemajuan teknologi informasi yang berkembang dengan cepat.

”Generasi muda harus dapat memanfaatkan perkemabangan teknologi informasi dengan baik dan cerdas, gunakan kemajuan teknologi informasi itu untuk menyebarkan pesan-pesan Gerakan Pramuka lebih luas lagi,” harap Awang lagi, seraya mengajak Gerakan Pramuka Kaltim  lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah mendukung percepatan kemajuan Gerakan Pramuka di Bumi Etam.

HUT ke-55 Pramuka tahun ini mengangkat tema “Bangun Karakter Kaum Muda melalui Kegiatan yang Keren, Gembira dan Asyik”. Hadir dalam Kegiatan ini Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kaltim HM Hatta Jainal, Majelis Pembina Cabang (Mabicab) dan Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) seluruh kabupaten/kota se-Kaltim. (ayu/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation