Upacara HGN dan HUT PGRI 2019

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi selaku pembina upacara pimpin apel Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2019 dan HUT ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) (syaiful/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi selaku pembina upacara pimpin apel Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2019 dan HUT ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Senin (25/11/2019).

Upacara diikuti ribuan guru jenjang pendidikan sekolah dasar, SMP dan SMA/SMK se Kota Samarinda dilaksanakan di Halaman Parkir GOR Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Upacara diawali pembacaan teks Pancasila oleh pembina upacara diikuti seluruh peserta upacara. Dilanjutkan pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, Kode Etik Guru Indonesia dan Ikrar Guru Indonesia oleh petugas upacara.

Peringatan bertema Peran Strategis Guru Dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul dihadiri Ketua PGRI Kaltim H Musyahrim dan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Anwar Sanusi.

Dalam sambutan tertulisnya berdurasi 3 menit yang disampaikan pembina upacara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengatakan perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. 

"Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia," ujarnya.

Namun, lanjutnya perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. "Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama," harap Nadiem.

"Besok, di mana pun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda. Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas," ajaknya.

Selain itu, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas. Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

"Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak," ungkapnya.

Tampak hadir Ketua PGRI dan Kepala Dinas Pendidikan se Kaltim, para penggiat pendidikan, jajaran Forkopimda dan pimpinan perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation