Upacara Penurunan Bendera Berlangsung Khidmat


 

Gubernur Cium Bendara Merah Putih

 

SAMARINDA - Upacara penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di GOR  Madya Sempaja Samarinda,  Rabu (17/8), kembali dipimpin Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak. Upacara penurunan secara keseluruhan berlangsung khidmat dan lancar.

Acara yang dilaksanakan  tepat pukul 17.00 wita diawali dengan nyayian lagu-lagu yang bernuansa perjuangan. Kemudian dilanjutkan  laporan komandan upacara Mayor Setiawan Saputro kepada Gubernur  H Awang Faroek Ishak selaku inspektur upacara. Setelah itu dilanjutkan dengan kedatangan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang berbaris rapi dan sangat kompak seiring derap langkah serta hentakan kaki yang tertib untuk melakukan penurunan duplikat bendera merah putih.

Pembawa baki bendera  Ade Putri Purnama adalah siswi SMA  Negeri 3 Samarinda. Ade Putri didampingi  rekannya, Dimas M Hanafi dari SMK Negeri 1 Samarinda, M Athar Haqqa  dari SMA  Negeri 4  Tanjung Redeb Berau dan Aji Waluyo  dari SMK Kehutanan Samarinda. 

Mereka lalu menyerahkan duplikat bendera merah putih kepada inspektur upacara untuk disimpan ke dalam peti khusus yang sudah tersedia.

Ada momen menarik saat prosesi penyerahan duplikat Bendera Merah Putih itu. Sebelum memasukkan ke dalam  peti khusus tempat penyimpanan Bendera Merah Putih, Gubernur Awang Faroek Ishak sempat mencium bendera tersebut. Peserta dan undangan  yang  yang menyaksikan kejadian tersebut pun turut larut dalam suasana haru,  sehingga menambah khidmat pelaksanaan upacara.

Usai penyerahan Bendera Merah Putih, Paskibra penurunan bendera yang dipimpin Letda Infantri Mohammad Iqbal Firdaus dari Yonif 611 Awang Long dan Komandan 17  Monica Alicia Larasati W dari SMA Negeri 1 Balikpapan itu pun mendapat aplaus dari Gubernur Awang Faroek, para undangan dan peserta. (mar/sul/humasprov)   

Berita Terkait