Upacara Sumpah Pemuda ke-90 Tahun, Isran : Semangat Sumpah Pemuda Tak Boleh Usang

Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi pada acara Hari Sumpah Pemuda ke-90. (yuvita/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Momentum Sumpah Pemuda ke-90 Tahun diharapkan dapat memberikan semangat kepada pemuda di Kaltim agar jangan pernah  merasa usang untuk berkarya bagi bangsa dan negara. 

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor ketika menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Sumpah Pemuda ke-90 meyakini pemuda Kaltim semakin maju, berkembang, berwawasan dan memiliki peran yang luar biasa dalam pembangunan. "Semangat Sumpah Pemuda itu tidak akan pernah usang. Pemuda adalah penerus estafet pembangunan bangsa ini. Karena itu semangat Sumpah Pemuda harus terus menyala," kata Isran Noor usai menjadi Irup Sumpah Pemuda di Kaltim di halaman Kantor Dispora Kaltim, Senin (29/10). 

Momentum Sumpah Pemuda diharapkan dapat menjadi motivasi generasi muda agar selalu kreatif dan inovatif dalam berbagai bidang keahlian masing-masing.

Pemuda juga diharapkan mampu memerangi penyalahgunaan narkoba. Karena, sebagai motor penggerak pembangunan daerah, pemuda harus menjadi teladan masyarakat. "Karena ke depan, pemuda memiliki peran untuk mewarisi tanggung jawab besar melanjutkan semangat pemuda tahun 1928," tegas Isran.  

Kepala Dispora Kaltim M Syirajudin mengatakan Peringatan Sumpah Pemuda kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika biasanya dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur ataupun di lapangan sepakbola, tapi kini dilaksanakan di halaman Kantor Dispora Kaltim. "Ini menunjukkan Pemprov Kaltim melalui Dispora berkomitmen merangkul dan membina seluruh komponen pemuda di Kaltim," kata Syirajudin. 

Selain itu, momentum ini juga dirangkai dengan menampilkan berbagai karya para pemuda di Kaltim dalam even Festival Pemuda Kreatif. Festival tersebut dipusatkan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda.   

Hadir juga Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi, Anggota Forkopimda Kaltim, para Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kaltim, para pemuda dan ormas se-Kaltim serta pelajar SMA sederajat se-Samarinda. Gubernur Isran dan Wagub Hadi Mulyadi juga menyempatkan waktu untuk meninjau stand Festival Pemuda Kreatif. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait