Upacara Tutup Adat Bhinneka Tinggal Ika, Wagub Tegaskan Pramuka, Tunas Pemersatu Bangsa

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi pada Upacara Tutup Adat Bhinneka Tinggal Ika (seno/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Akhir dari kegiatan Latihan Gabungan Nasional (Latgabnas) dilaksanakan Upacara Tutup Adat Bhinneka Tinggal Ika.

Upacara rangkaian dari closing ceremony Latgabnas dilaksanakan di Ruang Utama Rumah Jabatan Wagub Kaltim Jalan Milono Samarinda, Jumat (11/10/2019). Bertindak selaku pembina upacara Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim HM Hatta Zainal.

Dalam acara itu, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan anggota Gerakan Pramuka adalah tunas-tunas bangsa yang memiliki berperan sebagai generasi penerus pemersatu bangsa.

"Adik-adik Pramuka adalah tunas bangsa. Mulai sekarang persiapkan diri kalian untuk mengisi pembangunan bangsa," kata Hadi.

Sebagai pemersatu bangsa, Pramuka wajib mewarisi semangat perjuangan pemuda-pemuda bangsa dalam mengokohkan  negara Indonesia.

Utamanya, mengakarkan dalam hati dan jiwa semangat ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928) yang digelorakan pemuda-pemudi demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Padahal lanjut Hadi, dikala itu tidak ada alat komunikasi secanggih dan semodern saat ini yang didukung teknologi tinggi.

"Mereka tidak bisa berkomunikasi seperti anggota Pramuka seperti sekarang ini. Tapi para pemuda saat itu memiliki semangat dan kesadaran untuk terlepas dari penjajahan yang harus dilakukan secara bersama atau bersatu oleh pemuda di seluruh Indonesia," ungkap Hadi.

Berarti sebut Hadi, sudah 91 tahun sejak ikrar Sumpah Pemuda itu dicetuskan. Bahkan, 74 tahun Indonesia merdeka. NKRI hingga saat ini tetap berdiri kokoh.

"Semangat pemersatu itulah yang wajib dimiliki anggota Pramuka. Agar negara ini tidak seperti negara-negara lain yang terpecah belah setelah berusia pukuhan tahun merdeka," harap Hadi.

Sementara Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unmul Samarinda Encik Ahmad Saefuddin mengucapkan terimakasih atas dukungan dan perhatian Pemprov Kaltim serta instansi terkait.

Acara jamuan makan malam bersama Wagub Hadi Mulyadi dihadiri ratusan peserta terdiri anggota Gerakan Pramuka Penegak dan Pandega serta 79 peserta Latgabnas XI.

Closing ceremony Latgabnas XI dirangkai pelepasan tanda peserta dan penyerahan cinderamata kepada peserta Latgabnas dari PTN berbagai provinsi oleh Wagub Kaltim.

Juga penyerahan berita acara tuan rumah Latgabnas XII Universitas Negeri Jakarta. Serta penyerahan penghargaan bagi juara Lomba Photografi, Lomba Survival dan Lomba Navigasi Darat Latgabnas XI.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation