Upaya Pemprov untuk Pembangunan yang Berkelanjutan

Upaya Pemprov untuk Pembangunan yang Berkelanjutan

 

Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengungkapkan tantangan yang harus dihadapi Kaltim di bidang pemuda dan keagamaan, pada masa mendatang akan semakin berat dan kompleks. Karena, akan berhadapan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dan pergaulan dunia yang kian global.

Pengaruh kemajuan iptek tersebut, lanjut dia, disamping melahirkan dampak positif, juga berdampak negatif. Karena itu, organisasi kepemudaan sebagai wadah para pemuda diminta berkreasi dan berinovasi untuk berpartisipasi sekaligus berkontribusi dalam pembangunan dituntut mampu dan tanggap mencari jalan terbaik agar generasi muda di masa akan datang dapat terselamatkan.

“Pemprov Kaltim dalam program pembangunannya berupaya mengolah dan memanfaatkan semua potensi, baik sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA) seluas-luasnya untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Dengan segala potensi didukung dengan generasi muda yang unggul dan berdaya saing, bukan tidak mungkin Kaltim akan menjadi provinsi terdepan di Indonesia di masa mendatang,” ungkap Mukmin beberapa waktu lalu.

Menurut dia, Pemprov Kaltim berupaya keras meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM melalui sektor pendidikan dan pembinaan generasi muda. Dalam hal ini, tidak terkecuali perlunya mendapat dukungan dari organisasi kepemudaan dan masyarakat pada umumnya. Karena, pemerintah daerah juga terus berupaya melakukan yang terbaik.

Mukmin menyebut melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) yang dijalankan sejak 2009 atau diawal kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak pada periode pertama (2008-2013) dan kemudian dilanjutkan pada periode kedua (2013-2018), merupakan salah satu bukti perhatian dan kepedulian pemerintah daerah terhadap pengembangan dan peningkatan kualitas SDM Kaltim.

“Seperti berulang kali dikatakan oleh Gubernur Awang Faroek Ishak, apa yang kita lakukan lewat Beasiswa Kaltim Cemerlang ini merupakan investasi jangka panjang. Sehingga ketika Indonesia mendapatkan bonus demografi pada 2045, SDM Kaltim menjadi salah satu yang paling siap dan memiliki keunggulan dibanding daerah lain di Indonesia,” sebutnya.

Apa yang sudah dijalankan Pemprov Kaltim saat ini hendaknya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh putra-putri Kaltim dengan secara serius menuntut ilmu baik di dalam maupun di luar daerah. Ketika selesai menempuh pendidikan, agar dapat kembali mengabdi untuk pembangunan Kaltim.

Informasi mengenai Beasiswa Kaltim Cemerlang ini, juga perlu disampaikan dan disebarluaskan ke seluruh masyarakat Kaltim, baik di wilayah perkotaan, pedesaan, pedalaman, pesisir dan perbatasan. Sehingga program prioritas Pemprov Kaltim ini dapat diketahui dan dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kaltim.

“Kaltim sangat memerlukan SDM yang andal dan berkualitas untuk pembangunan yang berkelanjutan. Terutama untuk pengelolaan SDA yang lebih baik sehingga pembangunan tetap berjalan dengan baik diiringi dengan lingkungan hidup yang tetap terjaga dengan tujuan utama kesejahteraan masyarakat, sehingga SDA yang ada juga tetap dapat dirasakan manfaatnya oleh anak cucu kita nantinya,” kata Mukmin. (tim humas).

///FOTO : Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono bersama pelajar di Perbatasan Kaltim.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation