UPK Gunung Tabur Bangun Usaha Digital Printing

Kegiatan PNPM-MPd Kaltim

BERAU - Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau, yang  mendapatkan bantuan dari Pemprov Kaltim Rp240 juta dimanfaatkan   untuk membuka usaha  percetakan digital (digital printing) untuk menambah penghasilan serta meningkatkan pendapatan.
“Usaha ini nantinya akan memanfaatkan tenaga kerja setempat, dengan melatih  10 pemuda untuk mengoperasikan mesin dan peralatan yang sudah siap,” kata   Ketua UPK Gunung Tabur Rasmiah saat menerima tim koordinasi satuan kerja PNPM-MPd di  Gunung Tabur Berau, Selasa (26/11).
Ditambahkan, hadiah atau uang pembinaan dari Pemprov Kaltim atas keberhasilannya menjadi juara kedua terbaik se-Berau Rp240 juta, sedangkan mesin digital printing yang siap dioperasionalkan itu dibeli dengan harga Rp180 juta.
Sementara itu Kabid Ketahanan dan Sosial Budaya Masyarakat, Badan Pemberdayaan Masyarakat danPemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim, Musa Ibrahim  mengatakan pemikiran para pengurus dengan membuka  usaha digital printing itu diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja, termasuk mampu mengurangi jumlah kemiskinan.
Hal itu sesuai  dengan prinsip PNPM-MPd, yakni dikerjakan oleh dan untuk masyarakat, sehingga usulan dari masyarakat atas pemanfaatan hadiah untuk membuka usaha digital printing  harus dikelola masyarakat dan keuntungannya dimanfaatkan untuk memajukan masyarakat.
“Saya optimis    usaha ini bakal maju mengingat tidak lama lagi  pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden, sehingga usaha  ini  sangat tepat,” ujarnya.(sar/hmsprov).
 

Berita Terkait