UPTB Bapeltan Gelar Pelatihan bagi Petani Tarakan

UPTB Bapeltan Gelar Pelatihan bagi Petani Tarakan

 

SAMARINDA–Sebanyak 30 peserta terdiri petani, kelompok wanita tani dan pemuda tani Kota Tarakan mengikuti pelatihan pertanian di Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya (P4S) Sinar Harapan 1 dan 2 Kelurahan Kampung 6 Kecamatan Tarakan Timur Kota Tarakan.

Pelatihan yang diselenggarakan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kaltim melalui Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Sempaja Samarinda dilaksanakan selama lima hari sejak 2-6 September.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Walikota Tarakan Sofian Raga dan ikut hadir Wakil Walikota Kheruddin Arief Hidayat, Kepala Dinas Perternakan dan Pertanian Kota Tarakan, Camat Tarakan Timur, Lurah Kampung Enam dan KTNA Kota Tarakan.

Dalam kesempatan itu Kepala UPTB Bapeltan Sempaja Samarinda H Syarifiddin mengatakan P4S merupakan salah satu lembaga masyarakat milik petani berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia (SDM) Pertanian.

Khususnya memberikan pendidikan dan pelatihan penyuluhan pertanian serta masyarakat di wilayah P4S berada . “Kaltim terdapat 31 unit P4S serta Kaltara 16 unit dan 4 unit diantaranya di Tarakan,” kata H Syarifiddin.

Secara umum tujuan pelatihan P4S bagi petani, wanita tani danpemuda tani Tarakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani/anggota P4S dalam teknis agribisnis tanaman hortikultura sehingga meningkatkan hasil produksinya.

Selain itu, mendorong tumbuhkembang  jiwa dan tanggung jawab sosial para pengelola P4S terhadap petani dan masyarakat sekitar agar lebih maju sehingga tercipta interaksi positif diantara sesama petani.

Syarifiddin menyebutkan peserta dalam pelatihan di P4S ini dibekali materi berupa perencanaan usaha tanaman sayuran, budidaya tanaman sayuran dan analisa usaha tani serta pemasaran kewirausahaan, pola panen dan pasca panen.

Sementara itu narasumber berasal dari Dinas Perternakan dan Pertanian Kota Tarakan, tenaga penyuluh pertanian Tarakan, pengelola P4S Sinar Harapan 1 dan 2 serta tim UPTB Bapeltan Sempaja Samarinda.

Disebutkan, empat unit P4S Kota  Tarakan yakni P4S Sinar Harapan I dan 2 pengelola Yunus Sampe untuk usaha tani tani sayur-sayuran. P4S Sabindo pengelola Sabir dengan usaha tani agribisnis tanaman hortikultura tanaman Jeruk.

P4S Sri Sejati pengelola Sarifudin dengan usaha tani hortikultura dan tanaman pangan serta P4S Serumpun I pengelola Hariyanto dengan usaha tani tanaman hortikultura dan perikanan laut.(yans/sul/hmsprov)

///Foto: Kepala UPTB Bapeltan Sempaja Samarinda H Sraifiddin (kedua kanan) bersama Walikota Tarakan H Sofian Raga (empat kiri) meninjau kawasan P4S Kota Tarakan.(ist)

 

Berita Terkait
Government Public Relation