UPTB Bapeltan Wakili Kaltim Penilaian Anugerah Adi Bhakti Tani

UPTB Bapeltan Wakili Kaltim Penilaian Anugerah Adi Bhakti Tani

SAMARINDA – Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Sempaja Samarinda yang berada dibawah Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim berhak mewakili Kaltim pada ajang nasional berupa anugerah Adi Bhakti Tani.

Penghargaan yang diberikan Kementerian Pertanian (Kementan) bagi unit-unit pelaksana teknis di lingkup Kementerian Pertanian dan pemerintah daerah  yang berkaitan dengan kegiatan serta pelayanan publik.

Menurut Kepala UPTB Bapeltan Sempaja Samarinda,  H Syarfiddin, Kementerian Pertanian telah melakukan penilaian terhadap seluruh UPT dilingkup kementerian serta pemerintah daerah dan akhirnya terdapat  12 UPT lingkup kementerian dan pemerintah daerah di Kaltim.

Hasil penilaian yang dilakukan pihak Kementerian Pertanian dari awal penilaian terhadap 12 unit pelaksanan teknis (UPTB/UPTD) tersebut pada akhirnya menilai lima besar unit pelaksana teknis di Kaltim.

Diantara lima besar tersebut diposisi pertama dan kedua dengan nilai tertinggi yakni  UPTB Bapeltan Sempaja Samarinda dan UPTD Balai Pembibitan dan Inseminasi Buatan (BPIB) Api-Api Penajam Paser Utara (kegiatan pengembangan Rusa Sambar di Kecamatan Waru).

“Untuk meraih penghargaan Anugerah  Adi Bhakti Tani tahun ini maka UPTB Bapeltan Sempaja Samarinda akan melakukan presentasi pada 16 Oktober. Kita akan bersaing dengan 29 UPT lingkup pemerintah pusat dan empat provinsi salah satunya Kaltim,” sebutnya.

Syarfiddin mengakui selama ini pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat terutama para petani serta organisasi yang memerlukan informasi terhadap tata kelola dan pola pertanian.

“Kami selalu memberikan pelayanan secara maksimal bagi petani maupun penyuluh pertanian yang datang ke UPTB Bapeltan hanya untuk memperoleh informasi tata kelola pertanian termasuk kegiatan budidaya tanaman,” kata Syarfiddin.

Misalnya lanjut Syarfiddin, ada satu orang ataupun beberapa orang petani datang ke UPTB hanya untuk mengetahui tata kelola dan budidaya tanaman maupun informasi terkait kegiatan pertanian lainnya wajib untuk dilayani oleh petugas setempat.

Selain itu, UPTB Bapeltan juga memberikan informasi tentang berbagai informasi serta teknologi pertanian melalui media web yang dikelola jajaran aparatur di unit pelaksana teknis sebagai upaya keterbukaan informasi.(yans/es/hmsprov).

///FOTO : Salah satu tim penilai dari Kementerian Pertanian (berkerudung) bersama Kepala  UPTB Bapeltan Sempaja Samarinda,  H Syarfiddin (kanan).(ist)

Berita Terkait
Government Public Relation