UPTD PSMB Serahkan Dokumen Mutu GMP

UPTD PSMB Serahkan Dokumen Mutu GMP (areif/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) melalui UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (PSMB) menyerahkan Dokumen Mutu Good Manufacturing Practice (GMP). Termasuk piagam penghargaan kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) di kabupaten dan kota se Kaltim pada minggu ketiga Oktober 2019. Untuk Kota Samarinda, dilaksanakan pada Jumat (25/10/2019) di Kampung Amplang UD Taufik Jaya Makmur Jalan Kapas No. 38 RT. 19 Samarinda. 

Dokumen Mutu GMP dan piagam penghargaan diserahkan Kepala Disperindagkop dan UKM Fuad Assadin didampingi Kepala UPTD PSMB Atikah kepada Pemilik UKM Kampung Amplang Taufik Rahmani. Fuad Assadin mengatakan ini sangat penting jika ingin produk lokal dijual secara luas agar bisa bersaing maka harus dipenuhi persyaratan-persyaratan standarisasi dan sertifikasi mutu. 

"Kedepan, kita harus tingkatkan lagi jumlah UKM yang dilakukan pendampingan oleh UPTD PSMB. Jumlah UKM di Kaltim sudah mencapai 302 ribu, sehingga produk-produk lokal kita bisa dijual dan bersaing di pasar nasional bahkan internasional," kata Fuad. 

Sementara Kepala UPTD PSMB Atikah mengungkapkan pendampingan dilakukan sehubungan dengan pelaksanaan tugas teknis dibidang sertifikasi dan pengujian mutu barang. Dengan maksud memberikan pemahaman sekaligus meningkatkan pengetahuan UKM untuk pelaksanaan GMP. 

"Jaminan keamanan mutu produk makanan yang dihasilkan, sehingga produk tersebut bisa bersaing di pasar global. Kita terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap UKM yang sudah diberikan pendampingan. Kedepan, harus diperhatikan terkait sertifikasi halal untuk produk-produk UKM di Samarinda," jelas Atikah. 

UKM Kampung Amplang menghasilkan produk berupa amplang, abon dan kerupuk berbahan baku ikan tuna, trubuk (bulan-bulan), haruan (gabus), pipih dan kepiting. Juga memproduksi Lempok Durian. UKM ini merupakan salah satu dari 17 UKM yang telah dilakukan pendampingan oleh UPTD PSMB. UKM tersebut tersebar di Samarinda ada tujuh UKM, Balikpapan dan Bontang masing-masing tiga UKM, Kutai Kartanegara dan Paser juga masing-masing dua UKM. 

Tampak hadir, Kasubbag Tata Usaha UPTD PSMB Erna Astuti, Kasubbag Umum dan Kepegawaian Sekretariat Disperindagkop dan UKM Warsito, serta staf UPTD PSMB. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation