Usai Melantik, Gubernur Puji Langkah BKKBN

Usai Melantik, Gubernur Puji Langkah BKKBN

 

SAMARINDA-Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak memberikan apresiasi yang tinggi terhadap instansi vertikal yang memberikan kepercayaan terhadap dirinya sebagai gubernur untuk melantik pejabat pusat yang bertugas di daerah.

Apresiasi gubernur itu khususnya ditujukan kepada jajaran Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang mengamanahkan kepada dirinya untuk melantik Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim, Yenrizal Makmur, bertepatan dengan mutasi sejumlah pejabat eselon II di lingungan Pemprov Kaltim, Rabu (6/8).

Menurut gubernurm  sesuai PP 19/2010 dan PP 23/2011 terkait tata cara pelaksanaan tugas dan wewenang serta kedudukan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di wilayah, maka sangat wajar jika gubernur melantik pejabat pusat yang bertugas di daerah. 

“Baru BKKBN yang pelantikannya dilakukan oleh gubernur. Seharusnya, semua Kepala Kantor Wilayah bisa dilantik oleh gubernur karena gubernur adalah wakil pemerintah pusat di daerah,” kata Awang Faroek Ishak usai pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat struktural eselon II, III dan IV di lingkungan Pemprov Kaltim di Pendopo Lamin Etam Samarinda, Rabu lalu.

Secara jujur gubernur mengakui, saat ini kerjasama sudah dilakukan dengan sangat baik dengan instansi-instansi vertikal, diantaranya BPKP, Kanwil Hukum dan HAM dan Badan Narkotika Nasional (BNN).  

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan BKKBN bisa ditiru instansi vertikal lainnya. Pelantikan kepala kantor wilayah, nanti bisa dilakukan oleh gubernur," seru Awang. 

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim HM Yadi Robyan Noor mengatakan Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan BKKBN. Karena, pejabat dari pusat juga bisa dilantik oleh gubernur.

“Ini menjadi catatan yang penting oleh gubernur dan gubernur sangat bangga atas pelaksanaan tersebut. Bahkan, gubernur juga turut menguji sebelum terpilihnya pejabat yang dilantik tersebut di Jakarta. Dengan demikian, diharapkan kinerja BKKBN di Kaltim dapat lebih baik lagi ke depan,” ungkap Robby.  (jay/sul/hmsprov)

 

Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak saat melantik Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim, Yenrizal Makmur (kanan). (saiful/humasprov)

 

Berita Terkait