Usulkan Atase Perdagangan dan Pameran Regional Lintas Daerah

Wamen Perdagangan Bayu Krisnamurthi


SAMARINDA – Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi menyambut baik pelaksanaan agenda tahunan Kaltim Fair 2013 sebagai usaha promosi bagi produk barang dan jasa yang dihasilkan Kaltim.
Dia mengusulkan agar Kaltim Fair 2014 mendatang tidak saja memamerkan  produk-produk lokal dari Kaltim, tetapi harus lebih banyak produk dari provinsi lain.
“Saya berjanji akan datang lagi pada Kaltim Fair tahun depan. Saya berharap kalau bisa produk-produk  yang dipamerkan  70 persen adalah produk dari luar Kaltim,” ujarnya.
Dirinya berpendapat bahwa dengan banyaknya barang dari luar provinsi yang dipamerkan akan dapat menambah nilai transaksi penjualan. Sementara produk lokal sebesar 30 persen juga akan diminati tamu dari luar Kaltim.
Usulan ini sejalan dengan program Kementerian Perdagangan yang dirintis sejak 2012, dengan  membuat pameran skala regional dengan syarat barang lokal tidak lebih dari 30 persen dan 70 persen dari produk lokal dari daerah lain.
“Kalau kita pasarkan barang Kaltim di  pameran seperti ini, mungkin pembelinya hanya sebagian orang Kaltim saja karena masyarakat telah mengetahui.  Berbeda jika barang luar Kaltim yang dipamerkan, masyarakat Kaltim akan lebih banyak membeli,” ujarnya.
Selain pameran lintas daerah, Bayu Krisnamurthi juga mengusulkan kepada Gubernur Kaltim untuk membentuk atase perdagangan di provinsi lain dan luar negeri. Saat ini,  atase perdagangan telah dibentuk Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.
Pembentukan atase perdagangan tidak saja di luar negeri, tetapi juga dapat dibentuk di provinsi-provinsi lain. Sehingga, dimungkinkan atase perdagangan Kaltim ada di Jawa Barat, Sumatera Utara atau provinsi-provinsi lain di Indonesia.
“Saya berharap Kaltim juga dapat membentuk atase perdagangan semacam ini. Sehingga, produk-produk Kaltim dapat lebih dikenal oleh provinsi lain ataupun negara-negara tetangga,” ucapnya.(yul/hmsprov).

////Foto : Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi bersama Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meninjau salah satu stan pameran Kaltim Fair 2013.(syaiful/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait