Utamakan Peran PT dan Sekolah

* Informasi Beasiswa Kaltim Cemerlang 2013

SAMARINDA- Perguruan Tinggi (PT), baik negeri dan swasta serta pihak sekolah di Kaltim sangat berperan dalam menyampaikan informasi penyaluran beasiswa Kaltim Cemerlang 2013 yang saat ini terus diproses pelaksanaannya hingga mencukupi kuota yang diinginkan, yakni mencapai 31.000 penerima.

“Secara resmi memang website beasiswa Kaltim Cemerlang sudah dibuka oleh Bapak Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada 19 Januari tahun ini. Tetapi, hal itu tentu masih belum banyak yang mengetahuinya. Karena itu, peran dari Perguruan Tinggi dan pihak sekolah sangat diutamakan dalam memberikan informasi dan mensosialisasikan kepada mahasiswa dan pelajarnya,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim H Musyahrim, Kamis (21/2).

Menurut dia, tujuan tersebut tidak lain adalah agar beasiswa yang diprogramkan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak bersama Wagub Farid Wadjdy dapat tepat sasaran, waktu dan jumlah yang diterima dan dikeluarkan Pemerintah Provinsi.

Karena itu, Disdik Kaltim mengimbau agar seluruh Perguruan Tinggi dan sekolah dapat mengimpormasikan hal tersebut kepada mahasiswa dan pelajar yang berhak menerima beasiswa.

Hal ini, lanjut dia, merupakan upaya Pemprov Kaltim untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Kaltim, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu dan berprestasi.“Beasiswa ini tentu tidak serta merta bisa mendapatkannya. Karena, harus melalui proses.

Proses tersebut itulah yang harus diikuti seluruh penerima, sehingga beasiswa ini dapat tepat sasaran. Misalnya, proses pendaftaran, perlengkapan dan verifikasi. Jangan sampai, ketika tidak dapat baru protes, bahkan memberitakan masalah tersebut di media masa. Tentunya, hal ini tidak kami inginkan,” jelasnya.

Menurut dia, dengan adanya proses tersebut, Pemprov Kaltim berkeyakinan proses penyaluran beasiswa sangat transparan. Apalagi, Gubernur Awang Faroek berharap beasiswa ini dapat diterima putra putri asal Kaltim. Artinya, beasiswa tersebut untuk semua.

Karena, anggaran beasiswa ini sangat besar, yakni mencapai secara keseluruhan berjumlah Rp149 miliar. Sedangkan yang dikelola Dewan Pendidikan Kaltim melalui sistem online berjumlah Rp97 miliar.

Ketua Dewan Pendidikan Kaltim Dr Bohari Yusuf mengatakan, hingga saat ini per Kamis 21 Februari 2013 yang baru mengajukan permohonan mencapai 21.000 orang, baik pelajar hingga mahasiswa. Kemudian, berkas yang masuk mencapai 2.500 berkas, baik dari jenjang pelajar hingga mahasiswa.(jay/hmsprov)

Berita Terkait