Kalimantan Timur
Vaksin akan Dikawal Brimob

Gubernur Kaltim H Isran Noor

Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kaltim Yudha Pranoto menjelaskan vaksin Covid -19 untuk wilayah Kaltim akan tiba di Balikpapan pada Selasa (5/1/2021).

 

"Vaksin Covid-19 dari Jakarta akan tiba sekitar pukul 08.10 Wita," kata Yudha, Senin (4/1/2021) malam.

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim itu mengungkapkan jumlah vaksin sebanyak 25.520 botol (13 koli). Vaksin-vaksin itu akan diangkut menggunakan pesawat salah satu maskapai ternama di Indonesia.

 

Direncanakan setelah tiba di Balikpapan, vaksin akan langsung dikirim ke Cool Room Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim di Samarinda.

 

Yudha menambahkan, berdasarkan koordinasi dengan jajaran Polda Kaltim untuk kedatangan vaksin Covid-19 di Bandara SAMS Balikpapan akan dilakukan pengamanan  dan pengawalan. Termasuk untuk pengiriman menuju Samarinda.

 

"Pengamanan pengiriman vaksin ke Samarinda  akan dilakukan oleh personel  Brimob dengan jumlah yang telah ditentukan dibantu personel dari Dirlantas Polda Kaltim," jelas Yudha.

 

Pemerintah pusat membagi distribusi vaksin untuk 31 provinsi dalam 3 tahap pada tanggal 3-5 Januari 2021. Kaltim menjadi provinsi yang didistribusikan pada tahap ketiga atau Selasa (5/1/2021).

 

Selain Kaltim pada tahap ketiga ini vaksin juga didistribusikan ke Aceh, Sumut, Kepri, Babel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, NTT, NTB, Sulsel, Sulut, Sulteng, Gorontalo, Sultra, dan Papua Barat. Seluruhnya melalui angkutan udara. (sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait