Victoria University Tawari Kaltim Kerjasama Pendidikan


SAMARINDA - Pemprov Kaltim akan menjalin kerjasama pendidikan dengan salah satu universitas terkemuka di Melbourne Australia, Victoria University. Program Director Melbourne University, Shahnaz Naughton yang bertemu Gubernur Awang Faroek Ishak, Selasa (2/8) di Kantor Gubernur, mengajukan tawaran kerjasama pendidikan untuk program studi kesehatan, pendidikan, mesin dan industri berkelanjutan, serta beberapa program studi andalan lainnya.

Mereka berharap, program kerjasama ini akan membantu Kaltim untuk menyiapkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing demi mendukung program-program pembangunan hijau di Kaltim ke depan.

"Kerjasama pendidikan ini kami harapkan dapat membantu Kaltim dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan dengan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing di level Asia maupun internasional," kata Shahnaz meyakinkan.

Victoria University menawarkan tiga level pendidikan, yakni sertifikat, diploma dan S1. Untuk ketiga tingkatan tersebut, syarat utama yang harus dikuasai oleh para calon mahasiswa yang menjadi bagian dari kerjasama ini adalah lancar berbahasa Inggris. Sedangkan untuk syarat S2 lebih ketat lagi, yakni harus merupakan lulusan S1 dan memiliki pengalaman kerja. Hal yang sama bagi program S3.

Memorandum of Understanding (MoU) dari rencana ini diperkirakan bisa dilakukan pada akhir Agustus tahun ini. Sementara pelaksanaan kerjasama dan proses belajar, diperkirakan baru bisa dilaksanakan pada 2017 mendatang.

Gubernur Awang Faroek Ishak yang menerima kunjungan rombongan Victoria University mengaku sangat gembira, karena Kaltim ternyata cukup menarik Victoria University untuk menjalin kerjasama ini. Hal ini sekaligus memberi tanda bahwa universitas negara lain pun melihat Kaltim.

"Rencana ini sangat positif dan harus memberi manfaat yang besar bagi Kaltim di masa depan. Kita perlu sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing yang salah satunya mungkin kita harapkan datang dari kerjasama dengan Victoria University ini. Kerjasama sangat mungkin kita lakukan karena kita punya program Beasiswa Kaltim Cemerlang," tegas Gubernur Awang Faroek.  (sul/es/humasprov).

Berita Terkait
Government Public Relation