Vidcon Kemendagri Pemilu Serentak 2019, Yudha : Kaltim Sudah Bentuk TP3D

Vidcon Pemprov Kaltim dengan Kemendagri (seno/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Kaltim telah melaksanakan Rakor Forkopimda yang diikuti unsur pimpinan baik gubernur/wakil gubernur, Pangdam dan Kapolda, DPRD beserta unsur lainnya dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota. Rakor Forkopimda digelar dalam rangka menghadapi sekaligus mempersiapkan upaya-upaya menjelang Pilpres dan Pileg 2019 ini.

Selain itu, sesuai Permendagri 61 Tahun 2011 maka Kaltim juga telah membentuk Tim Pemantau Perkembangan Politik Daerah (TP3D) yang didalamnya beranggotakan unsur-unsur SKPD dan instansi vertikal di daerah. Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Yudha Pranoto mewakili Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi pada video conference (vidcon) Pemilu Serentak Tahun 2019 dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Vidcon Pemprov Kaltim dengan Kemendagri bertempat di Ruang Hearts Of Borneo Lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (10/4/2019), dihadiri Ketua KPU Kaltim Rudiansyah dan Ketua Bawaslu Kaltim Saiful Bachtiar.

Tampak mendampingi Kapolresta Samarinda Kombes Pol Vendra Rivianto dan Kasiop Korem 091/ASN Kolonel Inf Hendri Wijaya, pejabat Polda dan Kejati Kaltim. "Secara keseluruhan kita siap. Baik penyelenggara KPU maupun aparat keamanan dari kepolisian dan TNI. Pemprov juga terus memback up," ujar Yudha.

Yudha menambahkan pihaknya telah melaksanakan sosialisasi bersama KPU dan Bawaslu di kabupaten dan kota se-Kaltim. Kaban Kesbangpol ini juga mengungkapkan telah menginstruksikan kepada seluruh kepala kantor/badan Kesbangpol di kabupaten dan kota menjadi irup pada apel pagi Senin (15/4/2019) di sekolah-sekolah di daerah masing-masing.

"Semoga sosialisasi serta berbagai persiapan dan upaya yang melibatkan semua unsur dan pihak di daerah. Tingkat partisipasi Kaltim sesuai target nasional mencapai 77,5 persen," ungkap Yudha.

Mewakili Mendagri, Sesditjen Disdukcapil Kemendagri  Eko Subowo serta beberapa pejabat Kemendagri yang mengakui kinerja Pemprov Kaltim bersama Forkopimda dan penyelenggara dalam menyukseskan Penilu Serentak 2019.

Selain Kaltim, vidcon juga dilakukan Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara. Selanjutnya, vidcon dilakukan antara Kepala Badan Kesbangpol Kaltim dengan Kepala Badan/Kantor Kesbangpol dan KPU/Bawaslu serta Forkopimda kabupaten dan kota se- Kaltim. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait