Wadah Pembina Generasi Muda Cintai Lingkungan

Pelantikan Saka Pramuka Kalpataru Kaltim

SAMARINDA - Satuan Karya (Saka) Pramuka Kalpataru Kaltim periode 2014-2019 resmi dilantik Wakil Ketua Kwartir Daerah Pramuka Kaltim Dr H Rusmadi di Aula Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim Samarinda.

Rusmadi berharap setelah dibentuk dan dilantiknya Saka Pramuka Kalpataru Kaltim diharapkan bisa menjadi wadah pembina generasi muda, agar selalu mencintai lingkungan. Sebab, jika tidak mencintai lingkungan, tentu tidak mungkin memelihara lingkungan dengan baik.

“Dinamika pembangunan saat ini semakin tinggi. Jika tidak bijak dan hati-hati, maka pembangunan bisa saja merusak ekosistem. Karena itu, terbentuknya dan dilantik pengurus Saka Pramuka Kalpataru Kaltim diharapkan semakin banyak kader-kader muda yang memahami tentang lingkungan hidup ini,” kata Rusmadi usai pelantikan Saka Kalpataru Kaltim di Kantor BLH Kaltim Samarinda, Jumat (12/12).

Pemprov Kaltim menyambut baik terbentuknya Saka Pramuka Kalpataru. Diharapkan saka ini dapat menjadi tempat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, kecakapan, kepemimpinan pramuka penegak dan pandega serta wadah untuk menanamkan kepedulian dan rasa tanggungjawab mengelola dan menjaga serta melestarikan lingkungan yang berkelanjutan untuk masa depan.

Saka tersebut lebih mengedepankan program lingkungan hidup yang diharapkan dapat dipahami secara mendalam oleh generasi muda saat ini. Implementasinya diarahkan pada tiga krida, antara lain krida 3R reduce, reuce, recycle, krida perubahan iklim dan krida keanekaragaman hayati.

“Dari tiga krida tersebut ke depan dapat dikembangkan dengan isu lingkungan dan kebutuhan lainnya,” jelasnya.

Menurut dia, zaman era globalisasi saat ini penuh kemajuan pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap menjadi faktor penentu utama. Untuk itulah, Saka Kalpataru juga berperan dalam membentuk manusia yang berkarakter dan membangun bangsa berwatak yang kuat.

Bukan hanya membangun manusia yang memiliki pengetahuan dan teknologi, tetapi pemuda yang tangguh kepribadiannya, mencintai lingkungan, luhur budi pekerti dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

“Karena itu, pemuda demikianlah yang sanggup menghadapi tantangan globalisasi,” jelasnya.

Saka Kalpataru memiliki tiga pilar utama yang harus dipahami seluruh pengurus, yaitu ketaqwaan kepada sang khalik, cinta dan kasih sayang kepada sesama manusia dan mencintai alam sekitar.

Karena itu, diharapkan Saka Kalpataru dapat menjadi wadah yang memberikan pendidikan dan pembinaan bagi pramuka penegak dan pandega untuk menyalurkan minat dan bakat, kemampuan dan pengalaman bidang pengetahuan teknologi.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah Saka Pramuka Kalpataru Kaltim Riza Indra Riadi berharap dengan dibentuknya Saka tingkat provinsi, di kabupaten/kota juga dapat dibentuk, sehingga dapat membantu petugas-petugas di bidang lingkungan di daerah.

“Melalui pembentukan Saka Kalpataru kami yakin pelaksanaan program pelestarian lingkungan dapat lebih baik ke depannya. Begitu pula di lingkungan sekolah, diharapkan gerakan pramuka Kalpataru dapat dikembangkan, sehingga pemahaman tentang pelestarian lingkungan sudah diterapkan sejak dini,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: Plt Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi yang juga sebagai Wakil Ketua Kwartir Daerah Pramuka Kaltim menyalami Pengurus Saka Pramuka Kalpataru. (jaya/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation