Wagub : Hasil Penelitian Unmul segera Sampaikan ke Pemda

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy mengimbau agar para peneliti dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda yang telah melakukan dan menghasilkan penelitian tentang  kondisi daerah hendaknya segera disampaikan kepada pemerintah daerah.
“Saya mengharapkan agar hasil penelitian para peneliti Unmul jangan hanya disimpan atau dipergunakan untuk keperluan internal universitas saja. Sampaikan juga kepada pemerintah agar bisa menjadi salah satu acuan perencanaan pembangunan,”  kata Farid Wadjdy saat peresmian dan penyerahan gedung  bantuan Pemprov Kaltim di Halaman Masjid Al Fatihah Unmul Samarinda, Senin (6/5).
Menurut dia, saat ini pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota gencar melaksanakan pembangunan di berbagai sektor dan kegiatan ini akan memberikan manfaat serta hasil yang maksimal apabila didukung dengan hasil penelitian.
Sebab, banyaknya proyek-proyek pembangunan infrastruktur maupun program dan kegiatan pembangunan lainnya belum memberikan manfaat yang maksimal karena belum didukung penelitian yang memadai.
Misalnya, pembangunan yang berkaitan infrastruktur (jalan, jembatan, pelabuhan), perhubungan, pariwisata, sumber daya manusia (pendidikan dan kesehatan) dan pertanian dalam arti luas serta kegiatan di sektor usaha dengan perdagangan.
Apalagi, Kaltim dipilih menjadi salah satu daerah pengembangan program pembangunan dan ekonomi nasional. Misalnya, pengembangan program MP3EI (Masterplen Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia).  
Selain itu, banyaknya kendala yang dihadapi selama melaksanakan kegiatan proyek dan program pembangunan, diantaranya karena kurang atau belum adanya  penelitian yang dilakukan guna mendukung kegiatan tersebut.Diketahui bahwa Unmul sudah banyak membuat penelitian dengan mengeluarkan biaya yang cukup besar.
Untuk itu diharapkan agar hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti hendaknya dapat diaplikasikan di masyarakat dan mendukung kegiatan pemerintah. “Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama para peneliti Unmul dengan Pemprov Kaltim selama ini. Kami berharap agar terus berkarya dengan penelitian-penelitian, khususnya yang berguna dan diaplikasikan bagi kepentingan pembangunan dan masyarakat,” harap Farid Wadjdy. (yans/hmsprov).
 

Berita Terkait
Government Public Relation