Wagub : Momentum Berbagi Antar Sesama

Sholat Idul Adha 1435 Hijriah

SAMARINDA- Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal mengatakan Hari Raya Idul Adha tahun ini dapat menjadi momentum bagi umat muslim untuk berbagi terhadap sesama, khususnya berbagi daging qurban untuk warga kurang mampu.   

“Makna yang terkandung dalam Hari Raya Idul Adha ini adalah bagaimana berbagi terhadap sesama, sehingga masyarakat kita atau umat muslim yang tidak mampu menerima daging qurban. Karena itu, mereka yang berhak menerima adalah orang yang betul-betul tidak mampu,” kata Mukmin Faisyal usai Sholat Ied Idul Adha 1435 Hijriah di Islamic Center Samarinda, Ahad (5/10).

Selain itu, momentum ini juga bertepatan dengan umat Islam di seluruh dunia berkumpul untuk melaksanakan salah satu kewajiban ibadah haji, yaitu melontar Jumratul Aqobah di Kota Suci, Mina, setelah sebelumnya melaksanakan wukuf di Padang Arafah yang menggambarkan bagaimana kekuasaan dan keagungan Allah SWT.

Karena itu, pada kesempatan tersebut Mukmin mengajak bersama-sama berdoa agar jamaah haji Indonesia khususnya jamaah dari Kaltim diberi kekuatan dan kesehatan selama melakanakan ibadah haji dan dapat kembali ke Tanah Air dengan menyandang gelar haji mabrur.

Makna lain dari hari raya ini adalah hikmah yang sangat mendalam terjadi pada keluarga Nabi Ibrahim yang lulus dari ujian yang dibuktikan dengan pengorbanan luar biasa besar hanya karena Allah semata.

Nabi Ibrahim lulus dari bujuk rayu setan ketika dalam mimpi diperintah Allah menyembelih anaknya Ismail. Dengan ketabahan dan berserah diri kemudian selamat dari penyembelihan karena digantikan Allah dengan seekor domba. 

“Karena itu, saya berharap Idul Adha tahun ini dapat menjadi momentum yang tepat bagi kita untuk meningkatkan partisipasi terhadap pembangunan dan kita juga patut bersyukur kepada Allah SWT, karena tahap demi tahap pembangunan dalam mewujudkan Visi Kaltim Maju 2018 terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Apalagi, belum lama ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada kunjungan kerjanya dalam rangka peresmian dan groundbreaking proyek-proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Balikpapan 15 September 2014 mengakui, Kaltim berkembang dengan sangat pesat.

Meski demikian masyarakat Kaltim maupun pemerintah tidak boleh terlena dengan pujian presiden itu. Pemerintah daerah dan segenap lapisan masyarakat harus terus bekerja melanjutkan pembangunan hingga terwujud Kaltim yang adil, makmur dan sejahtera.

Sementara itu, Ketua Pengelola Masjid Islamic Center Samarinda H Awang Dharma Bakti mengatakan jumlah hewan qurban tahun ini terkumpul sebanyak 20 ekor, terdiri dari 15 ekor sapi dan 5 ekor kambing. “Kami berharap hewan qurban yang disumbangkan ini dapat diterima masyarakat yang berhak menerima, terutama yang kurang mampu,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: SAPI QURBAN. Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal menyerahkan sapi qurban kepada Imam Besar Masjid Islamic Center KH Fachrudin Lc. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait