Wagub : Pemerintah dan Akademisi Saling Sinergi

Ramah Tamah Bersama Rektor Unmul

SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP menyatakan dalam menyukseskan program yang dilakukan pemerintah, baik di daerah maupun di tingkat pusat, maka perlu adanya peran serta dan dukungan dari civitas akademisi, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dapat berjalan maksimal. Karena itu, pemerintah dan akademisi saling membutuhkan.

Misal, pemerintah memiliki program, tetapi untuk menyukseskan itu, maka perlu adanya kajian yang dilakukan para akademisi atau para pakar yang ada di perguruan tinggi di daerah, khususnya di Unmul. Begitu pula dengan akademisi, untuk meningkatkan kualitas ilmu yang dimiliki, tentu perlu adanya dukungan dari pemerintah. Contoh, dukungan insfrastruktur kamus maupun pendidikan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Unmul.

“Untuk menyukseskan program yang ada, maka pemerintah dan akademisi saling membutuhkan. Jadi, ke depan tidak ada lagi pihak yang merasa sangat penting. Karena semua harus saling mengisi satu dan yang lain. Sebab, sebagai mitra sejajar, tentu perlu kita bangun secara sinergi. Sebelumnya sudah bagus, ke depan harus jauh lebih bagus,” kata Mukmin Faisyal ketika ramah tamah bersama Rektor Unmul di Rumah Jabatan Wagub Kaltim, Jalan Milono Samarinda, Sabtu malam (15/11).

Menurut dia, memang saat ini Unmul masih banyak memiliki gedung yang belum tuntas pembangunannya. Tetapi, untuk mendukung hal itu, maka perlu adanya kerjasama yang baik antara Unmul dengan Pemprov Kaltim maupun anggota DPRD Kaltim.

Karena, apabila tidak ada kerjasama yang baik, tentu pemerintah tidak mengetahui apa yang menjadi kekurangan Unmul. Misal, jika ada permasalahan tentang infrastruktur maupun perlu adanya peningkatan kualitas SDM di Unmul, maka diperlukan komunikasi yang baik antara pemerintah dan pihak kampus.

“Jika ada rapat tentang pembangunan insfrastruktur dan peningkatan SDM di kampus Unmul, pemerintah dapat diundang, sehingga kita mengetahui kondisi yang diinginkan pihak kampus. Karena, pemerintah bukanlah musuh tetapi mitra kerja akademisi,” jelasnya.

Pemerintah sangat memerlukan pemikiran yang dimiliki para pakar yang ada di kampus Unmul. Melalui sumbang pikiran dan kritisi yang diberikan, pemerintah daerah mampu melaksanakan program dengan baik.

Karena itu, wajar jika pemerintah juga memberikan dukungan kepada Kampus Unmul untuk lebih meningkatkan sumber daya yang dimiliki. “Saya telah berkomunikasi dengan DPRD Kaltim, agar Unmul dapat didukung, sehingga melalui kampus ini kita mampu mencetak generasi penerus yang berkualitas,” jelasnya.

Hal ini juga yang diharapkan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, agar ada sinergisitas yang dilakukan antara pemerintah dan akademisi di Kaltim, khusus dari Unmul. Karena itu, Gubernur telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim untuk bekerjasama dengan pihak Unmul dalam melaksanakan program yang dimiliki.

Sementara itu, Rektor Unmul Mas Jaya mengatakan, Unmul sekarang telah masuk usia ke-52 tahun dan memiliki mahasiswa yang aktif mencapai 40.000 orang. Jumlah tersebut cukup banyak. Karena itu, jika dari 40.000 mahasiswa yang dididik memiliki kualitas terbaik, diharapkan pemerintah mampu mewujudkan Kaltim Maju 2018.

“Maju dan tidaknya pembangunan di daerah ini adanya peran serta pemerintah dan akademisi yang saling mendukung. Jadi, keduanya memiliki peran yang sama untuk menyukseskan pembangunan. Karena itu, Unmul siap menjadi mitra pemerintah dan selalu berkomunikasi dengan baik, sehingga sinergisitas antara pemerintah dengan perguruan tinggi ini berjalan baik,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

//Foto: Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP (tengah) bersama Rektor baru Universitas Mulawarman (Unmul) Prof. Mas Jaya (batik merah) dan Ketua DPRD Kaltim H Syahrun (kiri) dalam acara syukuran di Rumah Jabatan Wagub Kaltim, Jalan Milono Samarinda, Sabtu malam (15/11). Wagub mengharapkan meningkatnya jalinan yang semakin sibergis antara Pemprov Kaltim dengan Unmul di bawah kepemimpinan Mas Jaya. (jaya/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait