Wagub : Pemprov Dukung UN Gunakan CBT

Wagub : Pemprov Dukung UN Gunakan CBT

 

SAMARINDA- Pemprov Kaltim siap mendukung Pemerintah Pusat dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) menggunakan system computer based test (CBT). Sistem tersebut dinilai sangat memudahkan peserta ujian dalam menjawab soal ujian.

Karena itu, tahun depan Pemprov Kaltim akan memprogramkan pengadaan perangkat tersebut, jika Pemerintah Pusat menetapkan aturan untuk kewajiban bagi seluruh sekolah menggunakan system CBT.

“Sistem ini sangat mudah. Bahkan tidak bisa dimanipulasi atau dipermainkan, sehingga jika salah ya salah, jika benar ya benar. Apalagi, anak-anak merasa enjoy ketika menggunakan sistem ini atau menggunakan komputer. Jika memang Pemerintah Pusat telah menetapkan aturannya, maka kita siap melaksanakan dan mendukung program tersebut,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP ketika dikonfirmasi di Samarinda, Kamis (16/4).

Mukmin mengatakan tahun ini Kaltim sudah ada sekolah menggunakan sistem CBT. Menurut dia, jajaran Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kaltim maupun pihak sekolah telah berupaya dan bekerja keras menyiapkan pelaksanaan ini.

Tanggungjawab pelaksanaan maupun persiapan UN adalah semua pihak, terutama penerapan system CBT. Antara Pemerintah Pusat dan Daerah harus saling berkoordinasi. Apalagi, jika kebijakan tersebut tahun depan ditetapkan bahwa pelaksanaan UN harus menggunakan CBT, khususnya SMA sederajat, maka Pemerintah Provinsi siap melaksanakan.

“Penambahan perangkat untuk system tersebut dimungkinkan, jika Pemerintah Pusat telah menetapkannya. Maka, Pemprov Kaltim siap mensosialisasikan itu,” jelasnya.

Selain itu, Pemprov Kaltim mengimbau agar guru dan pengawas Ujian Nasional (UN) jenjang SMA sederajat untuk bekerja dengan baik, sehingga tidak mencederai makna dari pelaksanaan tersebut.

Diketahui, tahun ini di Kaltim ada 19 sekolah dari jenjang SMP dan SMA sederajat yang siap melaksanakan UN mengunakan system CBT, yakni SMKN 1 Samarinda, SMKN 5 Samarinda, SMKN 6 Samarinda, SMKN 7 Samarinda, SMPN 1 Samarinda, SMPN 2 Samarinda, SMAN 1 Balikpapan, SMAN 2 Balikpapan, SMAN 5 Balikpapan, SMA Muhammadiyah 2 Al Mujahidin Balikpapan, SMA Patra Dharma Balikpapan, SMKN 2 Balikpapan, SMKN 3 Balikpapan, SMPN 1 Balikpapan, SMA YPK Bontang, SMA YPVDP Bontang, SMPN 1 Bontang, SMP YPK Bontang dan SMK Bhakti Loa Janan Kutai Kartanegara.(jay/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation