Wagub : Pemuda Harus Bersatu Bangun Bangsa Tangguh

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86

SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengajak seluruh pemuda di Kaltim agar bersatu, sehingga mampu membangun bangsa yang tangguh di masa depan. Karena itu, momentum Hari Sumpah Pemuda ke-86 diharapkan dapat memberikan motivasi kepada pemuda di Kaltim untuk meningkatkan pengabdian terhadap bangsa dan negara. 

Mewujudkan bangsa yang tangguh, maka perlu persatuan dan kesatuan antar pemuda di daerah, sehingga terjadi suatu kekuatan bangsa maupun pemuda yang tangguh menuju masyarakat Kaltim yang sejahtera.

“Untuk itu, kami berharap para pemuda di daerah dapat bersatu, sehingga mampu mewujudkan bangsa yang tangguh menuju masyarakat yang sejahtera. Artinya, semangat nasionalis harus dibangun, agar bisa bersama-sama pemerintah membangun daerah ini untuk lebih baik,” kata Mukmin Faisyal HP usai peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (28/10).

Menurut dia, setiap peringatan sumpah pemuda, maka yang terbayangkan adalah heroisrne tanpa kenal lelah dari para pemuda untuk mendeklarasikan gagasan perjuangan dan mewujudkan ide cemerlang tentang Negara Indonesia, tentang tekad bulat untuk mewujudkan satu bangsa, satu tanah air dan menjunjung bahasa persatuan yakni Bahasa Indonesia.

Sumpah pemuda merupakan momentum historis yang teramat penting dan menjadi bagian tak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa ini. Bagi para pemuda Indonesia, sumpah pemuda merupakan manifestasi dari kepeloporan dan kepedulian untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan sejajar dengan bangsa bangsa lain di dunia.

“Meski demikian, bagi kita semua, dengan segala kemajemukan yang dimiliki, sumpah pemuda merupakan momentum sejarah yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme, yang pada akhimya berhasil mewujudkan suatu Negara Indonesia yang berdaulat adil dan makmur,” jelasnya.

Sumpah pemuda telah membulatkan tekad dan semangat seluruh anak bangsa untuk berjuang dan tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai upaya rongrongan terhadap disintegrasi bangsa dengan tekad NKRI adalah harga mati.

Selain itu, solidaritas pemuda sangat panting untuk mencapai kemajuan pemuda sebagai syarat utama kemajuan suatu bangsa. Jika pemuda solid maka bangsa akan semakin maju, kuat dan bersatu, sehingga pembangunan dapat dilaksanakan secara lancar dan berkelanjutan. 

“Seiring dengan itu 2015 kita akan memasuki era Komunitas ASEAN. Untuk itu para pemuda harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Kita adalah bangsa yang besar yang memiliki sumber daya alam berlimpah, memiliki sejarah leluhur bangsa yang hebat, kebudayaan yang unggul, masyarakat yang toleran dan sumber daya manusia yang semakin lama semakin baik,” jelasnya. 

Bukan hanya itu, mentalitas bangsa, khususnya para pemuda harus terus dibangun agar menjadi pemuda-pemuda yang unggul, berkarakter. berkapasitas dan berdaya saing sehingga dapat berkompetisi dalam persaingan global yang semakin hari semakin kompetitif. Menurut dia, revolusi mental yang dicanangkan Presiden RI H Joko Widodo sangat relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju.

Di tempat yang sama,  Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim H Fachruddin Jafrie mengatakan, kekompakan para pemuda sangat diharapkan. Karena itu, perlu perubahan sikap mental para pemuda. “Hal ini harus ditanamkan kepada pemuda kita, agar menjaga kekompakannya dan mampu meningkatkan kompetensi mereka, menyongsong era globalisasi Asia,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan Abdi Bahasa Indonesia dan daerah tingkat kabupaten/kota se-Kaltim 2014. Peringkat pertama berhak  meraih piala bergilir Gubernur Kaltim. Tahun ini penghargaan tersebut diraih Kota Balikpapan, disusul Kabupaten Paser,  Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU), Kabupaten Berau, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat dan Kota Samarinda. Penghargaan diserahkan Wagub Kaltim Mukmin Faisyal didampingi Plt Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi. (jay/sul/hmsprov)

 

Foto : Wagub Mukmin Faisyal saat memimpin peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 di halaman Kantor Gubernur Kaltim. (norjaya/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation