Wagub : Profesi Wirausaha, Profesi Mulia

Expo Wirausaha Produktif 2013

SAMARINDA-Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy memberikan motivasi agar masyarakat memiliki kepercayaan diri untuk berwirausaha. Menggalakkan wirausaha maka berarti masyarakat secara langsung telah memberikan kontribusi nyata terhadap upaya-upaya pemerintah mengurangi jumlah pengangguran dan mengentaskan  kemiskinan.  
"Saya berharap, tidak semua sibuk mencari pekerjaan, tetapi bagaimana berinovasi agar  kita mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Tentu ini sangat mulia," kata Wagub Farid Wadjdy saat membuka Expo Wirausaha Produktif di Plasa Mulia Samarinda, Sabtu (16/11).
Wagub Farid Wadjdy menyebutkan, jika satu wirausahawan mampu memberi lapangan kerja bagi tiga orang yang lain, maka semakin banyak wirausahawan yang lahir,  akan semakin banyak pula masyarakat yang tertampung dalam lapangan kerja.      Pemprov Kaltim sambung Farid, menaruh atensi yang sangat besar dalam upaya melahirkan wirausahawan-wirausahawan baru produktif.
Langkah ini merupakan strategi dalam rangka menurunkan angka pengangguran dan menekan jumlah penduduk miskin.  
"Kalau masyarakat punya penghasilan dan pekerjaan, maka secara langsung ini akan membantu menyelesaikan persoalan-persoalan kemiskinan. Kalau UPTD ini mampu melahirkan 100 wiraushawan baru, maka paling tidak sudah ada 300 orang lain yang ikut bekerja," ujar Farid.
Apa yang sudah dilaklukan UPTD dapat terus ditingkatkan untuk terus menciptakan wirausaha baru yang mampu mewarnai dan mendorong ekonomi kerakyatan di Kaltim.
Farid melanjutkan, sebagai daerah yang terus berkembang, Kaltim harus lebih banyak melahirkan wirausahawan-wirausahawan baru produktif dengan berbagai keunggulan sehingga mampu terus memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum dan mendorong terbentuknya masyarakat Kaltim yang lebih produktif.
“Expo ini jangan berhenti sampai di sini. Harus ada pasar yang jelas untuk melanjutkan usaha dengan berbagai inovasi dan kreatifitas baru, sehingga wirausahawan Kaltim dapat terus bersaing dalam era persaingan yang semakin ketat," imbuh Farid.
Wagub juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Disnakertrans Kaltim, khususnya UPTD Pengembangan Produktifitas Daerah (PPD) Disnakertrans Kaltim yang terus berupaya menciptakan wirausahawan-wirausahawan baru produktif dan secara konsisten melakukan pembinaan terhadap wirausahaan lain yang lebih dulu dibina.    
Sementara itu, Kepala UPTD PPD Kaltim, HJ Hetty MSi mengungkapkan, dari sekitar 200 wirausawan yang dibina tahun ini, sekitar 80 wirausahawan sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan. 80 wirausahawan itu seluruhnya menjadi peserta expo yang digelar di Plasa Mulia Samarinda.
"Minat masyarakat sebenarnya sangat  tinggi untuk menjadi wirausahawan. Sebab itu kami harus memilih dengan proses seleksi. Mereka harus memenuhi kriteria yang sudah ditentukan," kata Hetty.
Dia juga menjelaskan, lokasi pusat perbelanjaan dipilih sebagai tempat penyelenggaraan expo dimaksudkan agar masyarakat lebih mudah mengenal produk-produk usaha kecil dan menengah yang berkualitas dan memiliki cita rasa tinggi.
Tahun depan, expo serupa akan kembali digelar.Setelah membuka expo tersebut, Wagub Farid Wadjdy menyimak satu persatu stand pameran dan mencicipi satu persatu sajian peserta. Peserta terlihat sangat senang karena karya mereka bisa langsung dinikmati Wagub Farid Wadjdy.  (sul/hmsprov)

//Foto: BERI MOTIVASI. Wagub Kaltim H Farid Wadjdy meninjau stan Expo Wirausaha Produktif di Plasa Mulia. (fajar/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait
Government Public Relation