Wagub : Semoga Semua Jamaah Menjadi Haji yang Mabrur

Sambut Kedatangan Jamaah Haji Kloter I Embarkasi Balikpapan

BALIKPAPAN-Kedatangan para jamaah haji Embarkasi Balikpapan, khususnya jamaah asal Kaltim diharapkan dapat meningkatkan kualitas hubungan manusia dengan Allah (hablumminallah) dan hubungan antar sesama manusia  (hablumminannas).  Para jamaah haji diharapkan kembali dengan selamat dan sukses menjadi haji dan hajjah yang mabrur.

Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengatakan bahwa proses keberangkatan dan pemulangan jamaah haji merupakan rangkaian panjang yang cukup berat namun mulia dengan keterlibatan banyak pihak.

Pengalaman berhaji tentu dirasakan setiap jamaah. Ada suka dan duka yang mungkin berbeda dialami setiap jamaah. Banyak  berita gembira, tetapi tidak jarang pula datang berita duka. Kadang terjadi pada orang lain, namun kadang pula menimpa diri jamaah sendiri.

"Karena itu, saya berharap setelah mendapatkan predikat haji dan hajjah, seluruh jamaah dapat meningkatkan kualitas hablumminallah dan hablumminannas, sehingga pelaksanaan haji dapat dilanjutkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Mukmin Faisyal di sela-sela jelang kedatangan jamaah haji kloter I Embarkasi Balikpapan, Senin (13/10).

Menurut dia, perjalanan haji adalah pengalaman spiritual, pengalaman ziarah yang cukup berarti dalam menuju kesempurnaan hidup duniawi, baik sebagai pribadi, masyarakat maupun sebagai insan pembangunan yang religius.

Diharapkan sekembalinya ke kampung halaman nanti, maka suasana hidup berkeluarga dan bermasyarakat semakin hangat, sejahtera lahir dan batin, serta selalu dalam lindungan Allah SWT.

Mukmin berpesan seluruh jamaah untuk menjaga dan memelihara secara terus menerus kemabruran dan kemaqbulan haji, dengan cara menjaga diri dan menjauhi  segala perbuatan yang dilarang Allah SWT.

”Karena itu, tingkatkan kualitas hablumminallah seperti ibadah shalat, zakat dan ibadah lainnya, dengan juga meningkatkan hablumminannas, seperti ibadah sosial kemasyarakatan dan saling tolong menolong. Lestarikan persaudaraan dan silaturrahim antarsesama jamaah haji dengan cara bergabung dalam suatu wadah organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia di daerah masing-masing dan menjadi haji yang mabrur,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim H Saifi mengatakan tahun ini jamaah haji melalui Embarkasi Balikpapan berjumlah 4.280 orang, terdiri dari Kaltim dan Kaltara sebanyak 2.252 orang, Sulawesi Tengah 1.407 orang dan Sulawesi Utara sebanyak 561 orang.

”Dari Embarkasi Balikpapan jamaah haji kita terdiri dari 12 kloter. Untuk kloter pertama ini sebanyak 360 orang yang terdiri 355 jamaah dan 5 petugas haji yang semuanya berasal dari Balikpapan,” jelasnya.

Jadual kedatangan jamaah haji Embarkasi Balikpapan tahun ini dimulai dari 13 Oktober 2014 dan berakhir pada 30 Oktober 2014. Untuk diketahui dari Embarkasi Balikpapan jamaah haji yang meninggal dunia sebanyak 2 orang berasal dari Sulawesi Tengah. Dia berharap hingga kloter terakhir, seluruh jamaah haji Embarkasi Balikpapan diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

”Mudah-mudahaan jamaah haji kita, khususnya Kaltim selalu diberikan kesehatan dan kembali dengan selamat bertemu keluarga mereka masing-masing,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

///Foto : Wagub Mukmin Faisyal saat menyambut kedatangan jamaah haji Kloter I Embarkasi Balikpapan. Kesehatan jamaah akan terus dipantau. (syaiful/humasprov)

 

Berita Terkait