Wagub Apresiasi BEM Unmul Mampu Kembangkan Kampung Budaya di Kukar

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menerima kunjungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mulawarman (Unmul)

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menerima kunjungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mulawarman (Unmul), di Ruang Kerja Wagub, Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Rabu (25/9/2019).

Wagub Hadi mengapresiasi BEM Unmul yang mampu mengawal pengembangan desa, dusun maupun kampung di Kaltim, terkhusus Dusun Bensamar Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dusun Bensamar berkat dukungan atau kerja sama BEM Unmul berhasil lolos mendapatkan hibah bina desa dari Kemenristek Dikti Tahun Anggaran 2019.

"Karena ini merupakan dusun satu-satunya di Kalimantan yang mendapat bantuan hibah bina desa yang lolos dari 5.000 desa, kampung dan dusun se Indonesia. Tentu Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi kreativitas BEM Unmul. Seharusnya memang BEM di Kaltim harus demikian. Yaitu kreatif membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Hadi Mulyadi.

Apalagi, bantuan bina desa hanya untuk70 desa yang didanai. Salah satunya Bensamar berkat kerja sama BEM Unmul dengan Perangkat Kampung atau Dusun Bensamar.

Wagub minta BEM Unmul berkomunikasi dengan lemerintah kabupaten dan kota untuk menyukseskan program pengembangan apa saja. Termasuk dinas terkait lingkup Pemprov Kaltim. Sehingga program yang dilaksanakan sejalan dengan program instansi pemerintah.

Sementara Wakil Presiden BEM Unmul Furqon didampingi Menteri Pengembangan Desa Jamiah mengungkapkan Dusun Bensamar berhasil mendapat bantuan itu tidak mudah. Melalui seleksi proposal yang dikirimkan kepada Kemenristek Dikti tentang pengembangan desa.

"Alhamdulillah, BEM Unmul bisa membantu Dusun Bensamar mendapatkan bantuan tersebut. Dengan cara membuat dan mengirimkan proposal langsung ke Kemenristek Dikti," jelasnya.

Dusun Bensamar termasuk Kampung Budaya di Kukar yang terkenal dengan  kuliner khasnya. Seperti makan nasi bekepor dengan jukut pija (ikan asin) yang kini usianya suda 400an tahun.

Sedangkan tujuan BEM Unmul berkunjung ke Wagub Hadi untuk koordinasi pelaksanaan Seminar Nasional yang akan digelar 14 Oktober 2019. Kegiatan tersebut rangkaian Mulawarman Festival 2019, Dies Natlis ke 57 Unmul. Dengan menghadirkan 1.000 peserta atau mahasiswa se Kaltim.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation