Wagub Apresiasi Keberhasilan Kota Balikpapan

Hadiri Peringatan HUT ke 118 Balikpapan

BALIKPAPAN - Wakil Gubernur Kaltim H Mukmin Faisyal mengapresiasi kemajuan pembangunan Balikpapan sehingga berbuah penghargaan nasional maupun internasional.  Wagub berharap Balikpapan tetap menjadi kota yang bersih dan nyaman serta menjadi contoh daerah lain.

“Di usianya yang ke 118, saya melihat Balikpapan semakin maju dan bersih. Fasilitas dan pelayanan publik juga meningkat. Ini patut kita apresiasi,” sebut Wagub Mukmin usai menghadiri Upacara Peringatan HUT Balikpapan ke-118 di Lapangan Merdeka, Balikpapan Selasa(10/2).

Wagub mengatakan, selama ini Balikpapan termasuk daerah yang cukup maju dengan berbagai program pembangunan yang berjalan dengan baik dan dinikmati masyarakat Balikpapan. Keberhasilan pembangunan yang dicapai kota minyak itu, menurutnya juga didukung kondisi keamanan yang cukup kondusif.

“Saya berpesan, jaga keamanan dan kondusifitas Balikpapan. Jangan sampai ada pertikaian yang bisa mengganggu ketenangan kota ini,” ujar Mukmin.

Pemprov Kaltim tentu akan memberi dukungan  pada pembangunan di Balikpapan seperti daerah-daerah lain di Kaltim, salah satunya dukungan atas pembangunan Islamic Center dan Stadion Balikpapan.

“Terlebih masyarakat penggemar sepak bola kan banyak di Balikpapan, tetapi belum ada stadion yang representatif,” katanya.

Walikota Balikpapan Rizal Efendi dalam amanat saat menjadi inspektur upacara mengatakan,  peringatan HUT Balikpapan ke-118 menjadi evaluasi dan koreksi atas capaian kinerja yang telah dilaksanakan.  Hal itu dilakukan, karena tantangan pembangunan ke depan semakin berat dan komplek.

“Selain itu kondisi riil di lapangan kadang tidak sesuai dengan apa yang sudah kita programkan,” ujar Rizal.

Rizal menuturkan, sepanjang 2014 hingga 2015, sejumlah keberhasilan pembangunan diraih Balikpapan baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Diantaranya, meraih Adipura Kencana, mendapat penilaian opini wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan RI hingga predikat Balikpapan sebagai kota paling nyaman ditinggali dari Ikatan Ahli Perencana Indonesia.

“Yang paling membanggakan yaitu pengakuan Balikpapan sebagai kota berwawasan lingkungan hidup berkelanjutan dan kota terbersih se-ASEAN, menggungguli 10 kota lain seASEAN,” sebut walikota yang memiliki latar belakang jurnalis ini.

Semua prestasi itu, menurut Rizal, dicapai berkat  kerja keras semua aparatur pemerintah daerah yang didukung segenap komponen masyarakat Balikpapan. Namun semua prestasi yang diterima diharap tidak membuat semuanya terlena karena tantangan pembangunan pada berbagai sektor masih menyimpan pekerjaan rumah dan perlu mendapat perhatian serius.

“Kita masih menghadapi ancaman bahaya narkoba, bencana banjir  dan kebakaran serta kekurangan air saat musim kemarau,” katanya. (gie/sul/hmsprov)

/////Foto : Wagub Mukmin Faisyal bersama Walikota Balikpapan, Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim mengenalkan batik khas Balikpapan di tengah rangkaian HUT Balikpapan ke-118 di Lapangan Merdeka, Selasa kemarin. (soegianto/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation