Wagub Buka Business Gathering Indonesia-Rusia

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi buka pertemuan Business Gathering Indonesia-Rusia di Hotel Grand Senyiur Balikpapan (jaya/humasprovkaltim)

BALIKPAPAN - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Hadi Mulyadi buka pertemuan Business Gathering Indonesia-Rusia di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Kamis (27/6/2019). Wagub Hadi berharap pertemuan ini dapat menyatukan pendapat dan komitmen dalam mendukung pembangunan daerah.

Terkhusus pembangunan infrastruktur, terutama pengembangan kereta api yang dibangun PT Kereta Api Borneo (KAB). "Pertemuan ini menjadi motivasi pemerintah daerah dalam membangun. Apalagi, Kaltim banyak potensi yang bisa dikembangan. Misalnya potensi uranium hingga sektor wisata," kata Hadi Mulyadi.

Selain itu, Kaltim sangat strategis untuk dibangun kereta api. Pembangunan ini, akan bermanfaat bagi rakyat Benua Etam. Bukan hanya bisa mengangkut SDA (batu bara) tetapi kelapa sawit hingga penumpang.

Hadi menjelaskan Kaltim merupakan daerah yang sangat kondusif. Daerah yang kultur masyarakatnya sangat harmonis. "Jadi wajar jika peluang yang ada bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Rusia. Kami siap menerima apa yang akan diberikan atau dibantu Rusia," jelasnya.

Bahkan untuk sektor wisata, Kaltim memiliki kabupaten yang potensi wisatanya luar biasa. Seperti Kabupaten Berau. Dimana  pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata memastikan menjadi kawasan khusus pariwisata. Contohnya kawasan wisata labuan cermin.

Direktur Eropa III Kementerian Luar Negeri Ardian Wicaksono mengatakan minggu depan pihak Pemerintahan Rusia maupun investor dari Rusia akan ke Kaltim untuk memastikan pembangunan kereta api.

Di Kaltim banyak potensi yang patut dikembangkan dan dikerjasamakan. Selain pengembangan pembangunan kereta api. "Insyaallah dalam waktu dekat dari Rusia akan berkunjung ke Indonesia, khususnya di Kaltim. Guna memastikan pengembangan potensi yang ada. Pertemuan ini sangat penting agar pihak Rusia mengetahui apa saja potensi yang bisa dikembangkan," jelasnya.

Hadir Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim H Ichwansyah, Kepala Bappeda H Zairin Zain, Kadis PUPR Kaltim M Taufik Fauzi, Kepala Biro Perekonomian Setprov Kaltim H Nazrin, Kepala Biro Infrastruktur dan SDA Hj Lisa Hasliana, Tim Terpadu Penyelesaian Proyek Pembangunan Jalur Kereta Api di Kaltim, Tim Kerja Fasilitasi Percepatan Pembangunan Perkeretaapian di Kaltim dan Tim Terpadu Pusat.

Pertemuan juga dihadiri organisasi perkebunan, organisasi bisnis dan stakeholder terkait pembangunan di daerah. Diakhir pertemuan dirangkai penyerahan kenangan-kenangan plakat dari Wagub Hadi Mulyadi kepada Direktur Eropa III Kementerian Luar Negeri Ardian Wicaksono. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait