Wagub: Ciptakan Keamanan dan Ketertiban di Kaltim

Wagub: Ciptakan Keamanan dan Ketertiban di Kaltim

 

SAMARINDA - Warga Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kaltim,  Sabtu (10/10) lalu menggelar silaturahim. Sejumlah pejabat hadir, antara lain Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal HP, Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin dan Komandan Pomdam VI/Mulawarman Kolonel CPM Sudirman. Acara digelar di Ballroom Hotel Aston Samarinda. 

Saat menyampaikan arahan dalam acara tersebut, Mukmin Faisyal menginginkan agar kegiatan pertemuan dengan warga KKSS ini dilakukan 3 bulan sekali dan tidak sekadar silahturrahim, tetapi  juga diisi pemberian berbagai pengetahuan yang diharapkan berguna untuk menunjang pembangunan Kalimantan Timur.  

"Saya berharap pertemuan silahturrahim ini, ke depan dilakukan secara rutin, karena selain kita dapat saling bertemu juga ada masukan dan saran yang baik. Pertemuan ini sangat berharga karena ini adalah awal yang sangat baik untuk kita persatukan warga kita ini sehingga benar-benar menjadi masyarakat yang mampu menciptakan keamanan dan ketertiban di Kaltim," kata Mukmin.

Mukmin mengajak warga Sulawesi Selatan untuk sama-sama membantu tugas kepolisian menciptakan perdamaian antar suku di Kaltim dan tidak melakukan hal-hal yang mengganggu stabilitas Kaltim. Apalagi, penduduk di Kaltim ini sudah mencapai 4 juta jiwa lebih yang diantaranya terdapat suku dari Sulawesi Selatan, antara lain Makassar, Bugis dan Toraja. 

"Kita harus menggunakan pikiran yang benar daripada perilaku yang tidak benar.  Sebagai warga Sulsel kita harus membantu kepolisian untuk memberi pengertian kepada warga Sulsel lainnya untuk tidak melakukan hal-hal yang mengganggu stabilitas dan keamanan Kaltim," ajak Mukmin.    

Dalam kesempatan silahturrahim ini, Mukmin mengajak warga KKSS yang berada di Samarinda atau kabupaten dan kota lainnya di Kaltim untuk hadir dalam rangka hari jadi KKSS, 11 November mendatang di Balikpapan yang akan dihadiri oleh bupati dan walikota yang ada di Sulsel, termasuk Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

"Kegiatan ini dikemas dalam wadah semalam di Sulsel. Saya harap warga Sulsel yang di Kaltim bisa hadir agar kekerabatan kita menjadi jauh lebih baik. Di kampung orang ini, mari kita tunjukkan kita hebat, kita mampu dan kita bisa dan mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan agar kita menjadi masyarakat yang madani, maju dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan," tambahnya.

Mukmin menambahkan, bahwa daerah ini memerlukan suasana yang aman dan kondusif agar proses pembangunan berjalan baik. "Intinya, orang Sulsel harus membuang jauh hal-hal negatif yang bisa mengganggu keutuhan kita sebagai bangsa indonesia. Sebagai bagian dari masyarakat Kaltim, mari bersama-sama mempercepat proses pembangunan Kaltim," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) KKSS Kaltim Alimuddin menyambut baik saran Wagub Mukmin Faisyal agar merancang kegiatan silahturrahim KKSS ini secara rutin karena dalam kegiatan ini dapat memberikan motivasi untuk bersatu membangun Kaltim menjadi lebih baik kedepannya.

"Ini awal yang baik, kita akan kembangkan kegiatan ini. Setelah kegiatan pertemuan ini, kita masih punya kegiatan di Balikpapan dan kita akan kembangkan ke daerah-daerah lainnya," katanya.

Alimuddin mengakui, bahwa kegiatan ini baru pertama kali diadakan, karena KKSS sudah terbiasa mengagendakan kegiatan silahturrahim ini melalui halal bihalal, maulid dan kegiatan di bulan Ramadhan serta acara hari besar Islam lainnya. Oleh karena itu, setelah kegiatan di Balikpapan, KKSS Kaltim akan mengembangkan ke daerah lainnya untuk menggelar kegiatan pertemuan dalam rangka silahturrahim ini.

"Dalam pertemuan silahturrahim ini, kita juga bisa mengingatkan satu sama lain. Bukan saja meningkatkan hubungan sesama warga Sulsel, tapi juga meningkatkan hubungan dengan warga Kaltim lainnya. Kita ingin lebih maju membangun Kaltim agar lebih baik ke depannya dan kita harus menjaga keamanan karena kalau daerah aman semuanya akan berjalan dengan baik," katanya. (rus/sul/hmsprov)

//Foto: Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal (tengah) dalam pertemuan Silahturrahim Warga KKSS. (rusli/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait