Wagub Dukung Baznas Menggelar Kaltim Berzakat 2019, Hadi Tegaskan Zakat Untuk Pengentasan Kemiskinan

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi bersama perwakilan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kaltim

SAMARINDA - Guna memaksimalkan kesadaran umat Islam secara luas dalam upaya meningkatkan kewajiban pembayaran zakat, baik zakat fitrah maupun zakat harta. Maka, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kaltim akan menggelar kegiatan Kaltim Berzakat 2019.

Terhadap kegiatan itu, Wakil Gubenur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan sangat mendukung rencana pelaksanaan Kaltim Berzakat oleh Baznas Provinsi Kaltim.

Menurut dia, apabila zakat dikelola secara maksimal akan menjadi kekuatan dalam upaya meningkatkan berbagai aspek pembangunan seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi bahkan mengentaskan kemiskinan. "Melalui Kaltim Berzakat kita brrharap pengumpulan zakat lebih maksimal lagi. Apalagi, diikuti seluruh OPD maupun BUMD di Kaltim. Termasuk pihak perbankan dan swasta," pesan Hadi Mulyadi di Ruang Kerja Wakil Gubenur Kaltim, Senin (29/4/2019).

Hadi menjelaskan zakat merupakan salah satu ibadah yang dalam ajaran Islam adalah kewajiban. Selain itu, zakat berfungsi sebagai perwujudan solidaritas sosial pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan, pertolongan pada orang yang membutuhkan termasuk kaum dhuafa.

Hadi mengharapkan Baznas menyalurkan program beasiswa kepada mahasiswa maupun pelajar yang kurang mampu, siswa yatim piatu. Sehingga siswa yang mendapat bantuan beasiswa dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara Ketua Baznas Kaltim H Fachrul Ghazi menyampaikan rencana kegiatan rutin lembaganya setiap tahun bulan suci Ramadhan 1440 H. Kaltim Berzakat dilaksanakan pada 22 Mei 2019 mendatang. "Potensi zakat kita sebenarnya sangat besar, karena jumlah penduduk Kaltim mayoritas beragama Islam. Namun, banyak yang tidak menyerahkan ke Baznas. Karena itu melalui Kaltim Berzakat kita harapkan dapat memaksimalkan pengumpulan zakat," kata Fachrul Ghazi. (mar/her/yans/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation