Wagub Hadi Meminta Pegawai Bekerja Jangan Banyak "Bemamai"

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi

SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Hadi Mulyadi berpesan kepada seluruh pegawai ASN maupun non ASN di lingkungan Pemprov Kaltim bekerja jangan banyak bemamai (menggerutu) ketika menerima amanah atau tanggungjawab. "Sikap seperti itu atau selalu menggerutu membuat pekerjaan yang dilakukan tidak berkah," katanya di Masjid Al Husna Komplek DPMPD Kaltim Jalan MT Haryono Samarinda, Jumat (26/4/2019).

Hadi mencontohkan peristiwa yang dialami Siti Hajar Ra bersama Nabi Ismail As (istri dan anak Nabi Ibrahim As) ketika ditinggal di tengah padang pasir yang panas dan tandus. Tidak dibekali makanan dan minuman. Bahkan tidak ada sesuatu yang bisa dikonsumsi. Ditinggal di tempat yang tidak ada ciri-ciri kehidupan selama berhari-hari. 

Sehingga Siti Hajar yang masih menyusui Ismail As harus menahan lapar dan dahaga. Walaupun dalam kondisi demikian lanjut Hadi,  Siti Hajar dengan penuh cinta, tulus dan ikhlas merawat Ismail. "Seraya terus berupaya  mencari makan dan minum. Tanpa putus asa," ungkapnya.

Akhirnya, Siti Hajar mendapatkan mata air yang tak disangka-sangka muncul di ujung kaki Nabi Ismail tepatnya di depan Ka'bah. Peristiwa Siti Hajar berlari-lari mencari makan dan minum dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah pulang pergi selama tujuh kali. Dimonumenkan Allah SWT sebagai ibadah Sa'i dalam setiap ibadah haji.

"Kisah ini memberikan kita contoh. Agar terus bekerja keras dengan penuh cinta, tulus dan ikhlas karena Allah SWT. Sehingga mendapat berkah, buka bermamai atau mengerutu," kata Hadi Mulyadi.

Hadi mengingatkan rezeki yang diterima bukan hanya di satu tempat saja. Bisa saja, Allah SWT memberi di luar dari tempat bekerja yang tak disanka-sangka. Karena, belum tentu tempat bekerja para ASN maupun non ASN adalah sumber rezeki.

"Bagaimana rezeki itu muncul. Itu karena, adanya sikap tulus dan ikhlas, cinta serta kerja keras. Jadi, setiap pekerjaan harus dicintai dengan penuh tulus dan ikhlas. Dengan kerja keras kita itulah nanti membuahkan hasil. Bukan hanya untuk orang lain tetapi diri sendiri maupun keluarga kita," jelasnya. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait