Wagub Hadiri Penganugerahan IMA 2012

Pengentasan Kemiskinan Melalui MDG’s


DENPASAR – Wagub Kaltim H Farid Wadjdy mengatakan delapan sasaran program Millennium Development Goals (MDG’s) menjadi perhatian serius Pemprov Kaltim ke depan. Disamping itu, kontribusi pemerintah daerah juga harus dilakukan dalam mewujudkan pencapaian target MDG’s 2015 secara  nasional.
“Karena itu, saya berharap ada terobosan yang dilakukan dengan melibatkan masyarakat. Misalnya, perbaikan jamban di sungai-sungai kecil agar bersih dan sehat dan pengelolaan sampah yang baik di daerah. Sebagai bagian dari delapan sasaran yang ingin dicapai dari program MDG’s, saya pikir, kita dapat melakukan hal itu,” ujar Farid, saat menghadiri penganugerahan Indonesia MDG Awards (IMA) 2012, di Denpasar, Bali, Selasa (26/3).
Menurut dia, meski program tersebut tergolong mudah, tetapi mampu mewujudkan pencapaian program MDG’s. Artinya mampu memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di daerah.
Delapan sasaran tersebut, sambung dia, merupakan program yang besar. Tetapi, dia meyakini masyarakat Kaltim mampu melaksanakan ratusan program kecil yang sama dengan program MDG’s.
“Mewujudkan hal itu, tentu Pemprov Kaltim memberikan dukungan secara khusus kepada pemerintah kabupaten dan kota, sehingga program yang dilakukan pemerintah pusat dan provinsi hingga kabupaten dan kota terintegrasi dan tercapai dengan baik,” harapnya.
Delapan sasaran program MDG’s yang dimaksud antara lain, mengentaskan kemiskinan ekstrim dan kelaparan, mewujudkan pendidikan dasar bagi semua, mendorong adanya kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.
Selanjutnya, mengurangi jumlah kematian anak, meningkatkan derajat kesehatan ibu, memerangi penyakit HIV/AIDS, malaria dan penyakit lainnya, menjamin kelestarian lingkungan hidup dan mengembangkan kemitraan global untuk tujuan pembangunan.
“Program tersebut akan terus dievaluasi. Diharapkan seluruh staf di jajaran SKPD terkait dapat menyukseskan delapan sasaran yang ingin dicapai dari program MDG’s,” jelasnya.
Sebelumnya, Presiden Dr H Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap pelaksanaan keberhasilan program MDG’s tidak ada lagi kaum miskin, baik di Indonesia maupun di dunia. Karena hal itu merupakan tujuan akhir dari pembangunan di setiap negara. Menurut dia, pembangunan itu berlaku untuk semua, bukan hanya bagi elemen-elemen tertentu saja di masyarakat yang patut merasakan.
“Dengan demikian, peningkatan taraf hidup masyarakat bisa kita capai, mana kala antar warga tidak ada lagi yang miskin. Karena itu, jika boleh disederhanakan, ideologi yang kita anut dalam pembangunan adalah untuk mengakhiri tingkat kemiskinan,” ucap SBY saat membuka penganugerahan Indonesia MDG Awards (IMA) 2012.
SBY mengatakan suatu saat harapan dan perjuangan bangsa ke depan tidak ada lagi kaum miskin di Indonesia. Mewujudkan hal itu, perjuangan masih harus dilakukan sekuat tenaga untuk menanggulangi dan mengurangi tingkat kemiskinan. Karena, warga yang miskin tersebut adalah yang tidak memiliki kecukupan pangan diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.(jay/hmsprov).

////Foto : Dari kanan Wagub Kaltim H Farid Wadjdy, Wakil Walikota Tarakan Suharjo Trianto, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Prof Dwi Nugroho Hidayanto dan Kadiskes Tarakan dr H Khairul saat menghadiri penganugerahan Indonesia MDG Awards (IMA) 2012. (norjaya/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation