Wagub Hadiri Penutupan Manasik Kesehatan Haji, Hadi : Calon Haji Persiapkan Ilmu, Fisik dan Mental

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi (seno/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Para calon jemaah haji (calhaj) sejak dari tanah air selayaknya terus menambah pengetahuan terkait ibadah haji agar memahami dan tidak tersalah dalam melaksanakan ibadahnya. Tidak kalah pentingnya, calhaj harus sudah mempersiapkan fisik dan mental sebelum berangkat melakanakan ibadah hajinya.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat menghadiri penutupan Manasik Kesehatan Haji Puskesmas Sempaja Samarinda. Kegiatan bertema Road to Makkah digelar di Aula Pertemuan Kantor Kemenag Kota Samarinda Jalan Harmonika, Sabtu (20/4/2019). "Persiapkan fisik, mental serta ilmu terkait ibadah haji, agar selama melaksanakan ibadah di tanah haram tidak mendapat masalah. Sebaliknya jadi haji mabrur," harap Hadi Mulyadi.

Menurut Hadi, tidak sedikit calhaj yang tersalah dalam melaksanakan ibadah termasuk mengalami masalah di tempat ibadah di Makkah maupun Madinah sebab tidak memiliki ilmu dan pengetahuan. Balum lagi ujarnya. calhaj yang sakit saat tiba di Makkah maupun Madinah baik saat melaksanakan ibadah bahkan sebelumnya karena tidak mempersiapkan fisik dan mentalnya secara baik saat di tanah air.

Namun demikian, Hadi mengingatkan jemaah calhaj Samarinda agar tidak perlu takut dan khawatir melaksanakan ibadah haji. Sebab mereka sekalian adalah tamu-tamu Allah. "Yang penting kuatkan niat. Semata-mata memenuhi undangan Allah. Selama di tanah suci jaga ketulusan dan keiklhasan, jangan sombong, khusyuk beribadah, usahakan solat lima waktu di masjid. Pokoknya atur waktu ibadah dan istirahat. Manfaatkan selama di tanah suci lebih banyak ibadah," jelasnya.

Wagub Hadi menambahkan menjaga stamina selama di ibadah haji hukumnya wajib. Yakni mengutamakan dan memperhatikan konsumsi makanan dan minuman yang memenuhi gizi dan nutrisi untuk tubuh.

Hadir pejabat Kantor Kemenag Samarinda H Aji Mulyadi, pejabat Dinas Kesehatan Kaltim dan Kota Samarinda, Kepala Puskesmas Sempaja Samarinda drg Aprilia Lianti. Penutupan diisi tausiyah tentang ibadah haji oleh Wagub Hadi Mulyadi diikuti 125 calon jemaah haji Puskesmas Sempaja Samarinda.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation