Wagub Harapkan Partisipasi Masyarakat Meningkat

Pemilu Legislatif 2014

BALIKPAPAN – Guna memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif berjalan aman, tertib dan lancar, Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky W Usman, Kapolda Kaltim Irjen Polisi Dicky Atotoy dan Walikota Balikpapan H Rizal Effendi melakukan peninjauan ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada enam kecamatan di Balikpapan.

TPS yang dikunjungi tersebut diantaranya TPS 12 Jalan Wiluyo Puspoyudo, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota. TPS 21 di Community Center PT Total Indonesie Kelurahan Karang Jati, Balikpapan Tengah. TPS 16 Gunung Empat Marga Mulyo, Balikpapan Barat.

Selanjutnya, TPS 49 Jalan MT. Haryono, Batu Ampar, Balikpapan Utara. TPS 24 Perumahan Rengganis Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. TPS 26 Jalan Pesut, Manggar Baru, Balikpapan Timur. TPS 40 yang dikhususkan untuk penghuni Lapas Klas II Balikpapan di Kelurahan Damai Bahagia, Balikpapan Selatan.

Pada beberapa TPS tersebut, PPS (Panitia Pemungutan Suara) melakukan berbagai macam cara untuk menarik minat warga untuk menyalurkan hak pilih. Diantaranya di TPS 12 Jalan Wiluyo Puspoyudo yang menyediakan jajanan tradisional, berupa getuk, ongol-ongol, bubur kacang hijau bagi masyarakat pemilih yang sedang menunggu atau sudah melakukan pencoblosan surat suara.

 “Pemantauan ini sekaligus ingin melihat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Kita harapkan pada Pemilu kali ini, di Kaltim tingkat partisipasi bisa diatas 70 persen,” harap Mukmin.

Sebelum melakukan peninjauan, Wagub HM Mukmin Faisyal HP menggunakan hak pilih di TPS 12 yang bertempat di SDN 024 RT 17 Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah. Di TPS tersebut pemilih berjumlah 413 orang terdiri dari 215 laki-laki dan 198 perempuan.

Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman mengungkapkan kondisi Kaltim menjelang pelaksanaan Pemilu legislatif sangat kondusif, bahkan dari laporan aparat keamanan di wilayah perbatasan juga aman dan kondusif.

“Dengan kondisi seperti ini, kita berharap untuk proses Pemilu berjalan tidak ada penonjolan hal-hal negatif dan Kaltim tetap aman dan kondusif seperti biasa,” ungkapnya. (her/su/es/hmsprov).

//////Foto: Wakil Gubernur Kaltim, HM Mukmin Faisyal HP menunjukan kertas suara pada saat melaksanakan hak pilih di TPS 12 Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah. (fajar/humasprov kaltim).

Berita Terkait