Wagub : Harus Melek Teknologi

Ist

SAMARINDA – Generasi masa kini harus dekat dengan teknologi informasi. Pasalnya, hampir semua aktivitas masyarakat dewasa ini sulit dilepaskan dari teknologi informasi, media online dan media sosial. Persaingan global ke depan juga akan sangat sarat tantangan dalam penguasaan teknologi informasi.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi saat membuka Seminar Internasional  bertema “Peluang SDM IT di Masa Covid-19 pada Industry Technology Global Intertaiment” yang digelar Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta  Dharma  (STMIK Wicida) Samarinda secara virtual, Rabu (20/5/2020).

Hadi menjelaskan, teknologi saat ini benar-benar telah mengubah peradaban. Teknologi pun telah menjelma menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.  

“Teknologi informasi awalnya untuk sarana komunikasi. Berikutnya muncul Gofood, Gojek dan lainnya. Setelah datangnya  Covid-19, kita menyadari, ternyata manfaatnya sangat luar biasa,” kata Hadi.  

Di bidang pendidikan pun sama. Pada masa pandemi Covid-19, proses  belajar dan ujian terpaksa harus dilakukan secara  online. Demikian juga perkuliahan harus dilakukan secara online. Begitu juga rapat-rapat pemerintahan dan swasta. 

“Itu artinya ada sebuah kemajuan yang mau tidak mau harus kita ikuti," tandasnya.

Sebagai manusia, lanjut Hadi, kita harus terus berusaha eksis  dalam kehidupan. Termasuk menjadikan situasi ini sebagai peluang. Karena itu harus terus dibangun kesadaran bagi semua untuk menggunakan teknologi informasi sebagai peluang dan menorehkan prestasi.

"Untuk itu, institusi apa saja,  apakah pendidikan,  kesehatan atau pariwisata yang tidak menjadikan media online sebagai sarana komunikasi mereka, pelan-pelan akan tergilas," kata Hadi.

"Sekolah berbasis IT akan menjadi sekolah unggulan. Tapi tidak boleh berhenti sampai di situ. Harus terus berinovasi agar lebih unggul dari yang lain," ujarnya.

Hadi melihat  STMIK  Wicida menjadi salah satu dari kampus yang terus berinovasi dan terus memberikan masukan kepada pemerintah. 

Rapat internasional secara virtual tersebut dihadiri 88 peserta di antaranya Ketua STMIK Wicida H Norsibah beserta jajaran akademika STMIK Wicida dan mahasiswa STMIK Wicida dan  akademisi dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Kaltim. Narasumber yang dihadirkan Director Voxxy Media PVt.Ltd Mr Kulbir Sachdev, Bupati Berau H Muharram, Bupati PPU H Abdul Gafur Mas'ud dan Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait